8 Cara Menjaga Tubuh Tetap Hangat pada Musim Hujan
Ilustrasi cara menjaga tubuh tetap hangat pada musim hujan. (Freepik/wavebreakmedia-micro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada musim penghujan, kelembapan udara cenderung tinggi dan suhu udara rendah. Tubuh biasanya paling hangat saat pagi hari. Tetapi begitu terkena suhu rendah, akan menurun seiring suhu tersebut. Untuk menjaga tubuh tetap hangat pada musim hujan, berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Makan makanan berkalori

Makanan berkalori tak selalu buruk. Kalori merupakan bahan bakar tubuh untuk dibakar dan menjaga suhu inti tubuh tetap tinggi terutama saat cuaca di luar dingin. Setidaknya, usahakan satu kali makan panas sehari. Tetapi tetap lebih banyak makan buah-buahan, sayuran, dan makanan tanpa diproses berlebihan lainnya untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

cara menjaga tubuh tetap hangat pada musim penghujan
Ilustrasi cara menjaga tubuh tetap hangat pada musim penghujan (Freepik/KamranAydinov)

2. Kenakan kaus kaki saat tidur

Suhu dingin seringnya membuat Anda sulit tidur. Maka melansir WebMD, Senin, 29 Januari, memakai kaus kaki di tempat tidur membantu menghangatkan seluruh tubuh. Kehangatan kaki juga memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya tidur. Jika Anda tidak dalam waktu menjelang tidur, bisa mengenakan sandal dalam ruangan yang nyaman. Ini akan membantu tubuh tetap hangat selama dalam ruangan.

3. Memakai piyama bahan yang nyaman

Saat tidur, paling pas memakai pakaian dengan kain lembut dan fleksibel. Kain flannel akan membuat Anda tetap nyaman tetapi tetap memberikan sirkulasi udara yang baik untuk tubuh. Tetapi saat udara panas, akan membuat lembap karena keringat. Selain itu, piyama berbahan sutra juga bisa jadi pakaian hangat tetapi mungkin tidak membuat sirkulasi tubuh baik. Kalau suhu sangat dingin, pakailah topi, pakaian dalam yang panjang, atau minum minuman hangat selagi di rumah.

cara menjaga tubuh tetap hangat pada musim penghujan
Ilustrasi cara menjaga tubuh tetap hangat pada musim penghujan (Freepik/stockking)

4. Dapatkan zat besi dan vitamin B12

Tanpa zat besi dan vitamin B12, Anda bisa terkena anemia. Ini berarti sel darah merah terlalu sedikit dan oksigen lebih sedikit dibawa ke seluruh bagian tubuh. Kondisi ini membuat Anda merasa kedinginan. Vitamin B12 bisa didapatkan dari ayam, telur, atau ikan. Sedangkan zat besi, banyak terkandung dalam daging unggas, daging babi, makanan laut, buncis, dan sayuran berdaun hijau.

5. Memakai pakaian berlapis

Tak ada salahnya tetap bergaya dengan pakaian berlapis saat musim penghujan. Ketika Anda di dalam ruangan dan kedinginan, Anda bisa menambahkan outer yang hangat seperti sweater rajut atau hoodie yang sekaligus menghangatkan area kepala. Atau bisa juga menambahkan jaket bulu. Setidaknya, pertimbangkan mengenakan tiga lapis pakaian. Pertama pakaian dalam, kedua dalaman seperti kaos turtleneck, dan tambahkan outer.

6. Menggerakkan tubuh

Jalan-jalan atau jogging mungkin merupakan pilihan tepat dilakukan saat hujan reda. Bisa juga dilakukan dalam ruangan menggunakan alat tritmill. Dengan menggerakkan tubuh, tidak hanya menghangatkan tubuh. Tetapi juga membantu membangun dan menjaga otot. Jika Anda cukup sehat, bisa juga melakukan olahraga berat untuk meningkatkan suhu inti tubuh.

7. Memasang penghangat ruangan

Pemanas ruangan mungkin jadi satu-satunya cara menghangatkan tubuh saat suhu rendah. Anda bisa menyesuaikan ukuran penghangat ruangan dengan besaran ruangan. Penting diketahui, penghangat ruangan perlu diletakkan di permukaan rata dan jauh dari pergerakan orang. Jauhkan pula dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak.

8. Beri jeda waktu untuk beradaptasi

Tubuh membutuhkan waktu sekitar 3 minggu untuk menyesuaikan diri dengan suhu yang lebih dingin dari biasanya. Ini mungkin lebih sulit bagi orang berusia senja atau orang yang memiliki sedikit lemak tubuh. Rekomendasinya, lebih banyak habiskan wakti di luar ruangan agar mudah terbiasa dengan perubahan suhu yang tiba-tiba.

Itulah kedelapan cara menghangatkan tubuh saat musim hujan. Selain melakukan cara di atas, penting untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mendapatkan nutrisi dan vitamin cukup. Pada musim penghujan, merupakan waktu paling menyenangkan bagi bakteri dan virus berkembang biak. Maka penting sekali menjaga pola hidup sehat dan menjalani diet sehat supaya tidak mudah sakit musiman.