Kenapa Makanan Panas dan Berkuah Cocok Dimakan saat Hujan? Ini Alasannya
Ilustrasi makanan panas dan berkuah (Unsplash/Max Oh)

Bagikan:

JAKARTA – Semangkuk soto, bakso, maupun mi rebus kerap mendadak banyak dicari saat di luar sering turun hujan. Bukan tanpa alasan, makanan berkuah yang panas ini jadi favorit.

Menurut sejumlah penelitian medis, ada alasan yang melatarbelakangi makan makanan berkuah saat iklim sedang dingin. Dikutip dari Windsor-Essex County Health Unit, Kamis, 18 November, tubuh banyak kehilangan cairan saat cuaca dingin. Banyak faktor yang menyebabkan, tetapi bernapas pada udara dingin atau udara kering membuat kita kehilangan banyak cairan. Ketika bernapas, butuh kehangatan dan kelembapan sebelum udara masuk ke paru-paru.

Beraktivitas saat cuaca dingin juga jadi pemicu kita kehilangan banyak cairan. Napas jadi lebih berat dan lebih dalam. Selain itu, Anda mungkin mengalami diuresis dingin, di mana tubuh menghasilkan lebih banyak urin sebagai efek samping dari menjaga panas tubuh.

Minum bukan satu-satunya cara untuk menjaga cairan dalam tubuh. Memakai pakaian hangat, makan pakaian hangat, serta menjaga tetat terhidrasi cukup.

Melahap makanan hangat, ternyata memberi efek menenangkan, dilansir Hearst Newspaper. Kurangnya sinar matahari saat cuaca dingin atau setiap hari mendung disertai hujan bisa menyebabkan ‘depresi musim dingin’ pada beberapa individu.

Ini dikenal dengan Seasonal Affective Disorder (SAD) atau gangguan afektif musiman. Makanan hangat, mengandung karbohidrat, dan makronutrien yang dibutuhkan tubuh seperti lemak dan protein perlu jadi asupan yang tidak hanya menghangatkan tetapi juga menenangkan.

Anda juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan menyesap minuman hangat seperti teh, kopi, wedang jahe, dan lainnya. Tetapi, perhatikan porsi makanan berlemak yang dikonsumsi ya.

Tubuh tetap membutuhkan asupan lemah sehat untuk mengoptimalkan penyerapa vitamin A,E,K, dan D. Karena matahari tidak bersinar penuh setiap hari, Anda juga bisa menambahkan suplemen vitamin D untuk menjaga imun tubuh.

Jadi apa alasan Anda menyukai makanan panas dan berkuah pada musim penghujan? Ya, untuk menghangatkan tubuh serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.