Menghangatkan Badan, 8 Makanan ini Cocok Dimakan Saat Hujan
Ilustrasi dua mangkuk sup (Unsplash/Brittani Carter)

Bagikan:

JAKARTA – Saat hujan, suhu udara cenderung rendah. Waktu tersebut paling tepat menyantap makanan hangat. Jika sering hujan, Anda terbiasa makan apa? Betul, makanan berkuah adalah masakan paling tepat menjadi penghangat badan.

Tertarik untuk menikmati makanan yang pas di saat hujan? Berikut daftarnya.

Rawon

Rawon dikenal dari Jawa Timur. Makanan berkuah yang berwarna hitam ini berisi irisan daging sapi, kecambah, dan bawang merah goreng. Paling enak dilengkapi dengan sebutir telur asin dan sepiring nasi hangat. Untuk pengolahannya, rawon menggunak kluwek. Bahan masakan ini yang membuatnya berwarna gelap.

Bakmoy

Makanan ini tergolong Chinese food yang berisi tahu potong kotak kecil-kecil dan daging ayam atau bisa diganti dengan daging babi. Aslinya, bakmoy disebut dengan Ban Mui yang bahannya mencampurkan daging ayam dan daging babi. Tetapi untuk yang tidak mengonsumsi babi, dapat mencicipi bakmoy halal.

Sop buntut

Bagian tulang ekor sapi bisa diolah menjadi semangkuk sup hangat dan bernutrisi, sup buntut. Dalam satu porsi sup buntut berisi daging sapi, tulang sapi, wortel, dan kentang. Untuk menikmati sup buntut, bisa ditambahkan sedikit jeruk nipis agar kesegarannya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

makanan yang menghangatkan tubuh
Ilustrasi sop buntut dan sate (Unsplash/Haryo Setyadi)

Gulai kambing

Di Nusantara ada berbagai varian gulai kambing. Pada umumnya, gulai kambing memakai santan kental ditambah minyak samin agar lebih gurih. Tak perlu khawatir dengan bau prengus kambing. Sebab gulai kambing diolah dengan berbagai jenis rempah sehingga aroma berpendar nikmat.

Mi gomak

Mi gomak berasal dari Tanah Toba yang diracik dengan bumbu khas seperti andaliman, lengkuas, dan cabai. Ketiga bahan ini dilengkapi dengan bawang putih dan bumbu lainnya. Dalam penyajiannya, mi lidi direbus terpisah. Setelah matang diguyur dengan kuah andaliman yang pedas, asam, dan sedikit getir.

Tongseng

Makanan yang populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini dimasak dari daging dan tulang kambing. Rasanya gurih, pedas samar-samar, dan manis. Menariknya, menikmati tongseng penuh dengan keasyikkan menjelajahi tulang-tulang untuk memilah dagingnya.

Bakso

Siapa yang tak kenal makanan satu ini? Setiap ujung gang pasti ada tukang bakso keliling mendorong gerobak. Bakso juga makanan hasil asimilasi budaya Tionghoa di Nusatara.

Semangkuk bakso biasanya dilengkapi dengan mi kuning dan mi putih atau bihun. Jika Anda menyukai kedua jenis mi tersebut untuk komposisi bakso, artinya Anda mengenal istilah ‘bakso komplit’.

Soto betawi

Di Nusantara terdapat ratusan jenis soto, mulai dari soto betawi, soto lamongan, soto kudus hingga soto padang. Nah, yang satu ini, soto betawi terbilang unik. Sebab di atas makanan berkuah ditaburi keripik emping. Jangan lupa menambahkan seiris jeruk nipis agar rasa kuah santan gurih tetap terasa segar.