10 Lauk Khas Masakan Nusantara, Awet untuk Berbuka Sekaligus Sahur
Ilustrasi kering tempe (Unsplash/Peter Teofilus Karundeng)

Bagikan:

JAKARTA – Nusantara memiliki berbagai kekhasan masakan. Dari Sabang hingga Merauke memiliki cara untuk mengolah hasil bumi sekitarnya menjadi makanan yang lezat. Dalam momen puasa Ramadan, Anda dapat menikmati kelezatan masakannya.

Lebih menyenangkan lagi, beberapa daftar lauk khas masakan Nusantara bisa awet disimpan dalam sehari bahkan lebih. Nah, tertarik mengurangi keribetan di dapur dengan mengisi stok makanan penuh rempah di bawah ini?

Rendang

Makanan berbahan daging yang membutuhkan waktu lama dalam mengolah ini sangat populer hingga mancanegara. Apabila dimasak hingga kering, rendang bisa awet hingga tiga hari tanpa disimpan dalam kulkas.

Tetapi agar aman, Anda dapat menyimpannya di lemari pendingin dan menghangatkannya sebelum bersantap sahur.

Dendeng ragi

Rendang dan dendeng ragi sama-sama berbahan daging. Dendeng ragi adalah lauk berupa serundeng yang dicampur dengan dendeng daging. Dendeng ragi juga mampu disimpan hingga satu minggu dalam lemari pendingin.

Apabila dimasak secara tepat, dendeng ragi mampu disimpan beberapa hari tanpa dimasukkan dalam lemari es. Anda perlu memastikan tempat menyimpannya kedap udara.

BACA JUGA:


- https://voi.id/lifestyle/43630/mengenal-sejarah-dan-filosofi-di-balik-lezatnya-rendang-khas-sumatra

- https://voi.id/lifestyle/41056/cwie-mie-mi-legendaris-bertekstur-lembut-khas-kota-malang

- https://voi.id/lifestyle/37507/selain-beda-warna-ini-5-perbedaan-tahu-putih-dan-tahu-kuning-kediri

- https://voi.id/lifestyle/37216/rekomendasi-5-kuliner-malam-di-solo-sudah-pernah-coba-nikmatnya-bikin-ketagihan

- https://voi.id/lifestyle/35926/menghangatkan-badan-8-makanan-ini-cocok-dimakan-saat-hujan

BACA JUGA:


Ayam ungkep

Ayam yang diungkep dengan bumbu khas serta penuh rempah memiliki cita rasa yang kaya. Cara mengolahnya membuat masakan khas Nusantara yang satu ini bisa tahan lama. Ayam ungkep diolah dengan diungkep atau direbus hingga air bumbu menyerap sempurna.

Ayam tangkap

Ayam yang bersembunyi dibalik daun temurui goreng bisa jadi stok makanan Anda. Paling lama, ayam tangkap bisa disimpan hingga dua hari. Daun temurui sendiri memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Sate ayam

Pertama, agar sate ayam awet Anda perlu memesan sate dengan bumbu kering. Nah, sambal kacang bumbu sate dapat dicairkan saat akan menyantapnya. Dengan begitu, sate yang berbahan daging ayam dan diolah dengan dibakar dapat disimpan untuk menu sahur.

lauk awet untuk sahur
Ilustrasi sate ayam (Pexels/Artem Beliaikin)

Kering tempe

Kering tempe paling mudah diolah dibanding daftar lauk khas Nusantara lainnya. Kering tempe berasal dari tempe dipotong tipis dan kecil lalu digoreng kering. Untuk memberi rasa sedap, kering tempe dibumbui bawang putih, lengkuas, serai, dan daun salam.

Kentang balado

Kentang balado kering yang paling dikenal adalah Kentang Mustofa. Mengapa disebut dengan Kentang Mustofa? Nama tersebut diambil dari nama Opo Mustopa, seorang koki istana di Cipanas yang mengolah sisa-sisa kentang dan memotongnya menjadi sebesar korek api.

Kentang tersebut diberi bumbu balado, dimasak hingga meresap dan kering. Secara tekstur, kentang balado kering lebih kriuk. Bahkan, sering kali jadi camilan disamping bisa menemani sepiring nasi hangat dan telur ceplok.

Sambal goreng kentang

Bedanya sambal goreng kentang dengan kentang balado kering adalah bentuk dan teksturnya. Sambal goreng kentang biasanya ditambahkan petai dan hati sapi. Teksturnya lembut dan legit sebab ditambahkan santan kental ketika dimasak.

lauk awet untuk sahur
Ilustrasi sambal goreng kentang (Pexels/Naim Benjelloun)

Ikan suwir sambal kemangi

Anda pasti bisa menebak, ikan dengan bumbu kemangi populer khas masakan Manado. Untuk menu berbuka sekaligus sahur, Anda dapat memilih ikan suwir sambal kemangi.

Sambal roa

Sambal roa dan ikan suwir sambal kemangi sama-sama khas dari Manado. Ikan yang diolah menjadi sambal roa diasap dahulu, ini yang membuat rasa sambal ini unik selain memiliki level kepedasan dari cabai.