Daftar Aplikasi Prakiraan Cuaca Paling Akurat untuk Ramal Hujan di Indonesia
Ilustrasi ramalan cuaca (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di musim yang tidak menentu seperti sekarang, keberadaan aplikasi prakiraan cuaca paling akurat menjadi kebutuhan. Aplikasi ramalan cuaca bermanfaat untuk membantu memprediksi cuaca sehari-hari untuk menunjang aktivitas. Aplikasi prakiraan cuaca pun banyak tersedia baik untuk ponsel Android maupun iOS.

Aplikasi Prakiraan Cuaca 

Meski Indonesia hanya memiliki dua musim, yakni penghujan dan kemarau, keberadaan aplikasi peramal cuaca sangat dibutuhkan. Berikut ini daftar aplikasi yang bisa diunduh oleh masyarakat.

  1. Info BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adalah lembaha pemerintahan yang menyediakan informasi terkait cuaca di Indonesia. Masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait cuaca di berbagai kota di seluruh Indonesia. Informasi tersebut tidak hanya bisa dilihat lewat website, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi Info BMKG.

Info BMKG memiliki user interface yang sederhana sehingga lebih mudah digunakan. Untuk melakukan pengecekan cuaca, masyarakat bisa mengetikkan wilayah yang dikehendaki melalui kolom yang tersedia. Tidak hanya terkait cuaca, di aplikasi ini juga menyediakan informasi terkait ketinggian gelombang laut di perairan RI. Aplikasi resmi BMKG ini dirilis pada tahun 2012 sehingga sudah bisa diunduh oleh masyarakat.

  1. AccuWeather

Aplikasi accuWeather adalah aplikasi peramal cuaca yang cukup populer di Indonesia. Pengguna akan mendapatkan informasi terkait perkiraan cuaca, kualitas udara, bahkan indeks UV yang terjadi di hari itu.

Menariknya, AccuWeather dilengkapi dengan radar sehingga bisa melacak keberadaan badai hingga perubahan suhuh. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan di Indonesia namun di luar negeri.

  1. 1Weather

Pengguna ponsel smartphone Android maupun iOS bisa menjadikan 1Weather sebagai pilihan. Aplikasi prakiraan cuaca gratis ini memiliki banyak fitur yang menarik khususnya terkait prakiraan cuaca. Selain itu pengguna bisa tahu informasi terkait suhu udara, kecepatan angin, dan juga indeks UV di sekitar Anda.

Grafis 1Weather juga tidak membosankan. Selain itu data yang disajikan cukup detil karena bisa memberikan informasi berdasarkan tempat tinggal atau kota yang sedang Anda kunjungi. 1Weather juga bisa dipakai di berbagai negara, termasuk Indonesia.

  1. Weather - The Weather Channel

Rekomendasi aplikasi peramal cuaca selanjutnya adalah Weather - The Weather Channel. Aplikasi ini juga banyak diunduh oleh pengguna ponsel sehingga bisa dikatakan Weather cukup populer.

Pengguna aplikasi Weather bisa mendapat beragam informasi terkait cuaca secara realtime, bahkan bisa melihat kemungkinan cuaca yang terjadi selama limabelas hari ke depan. Dengan begitu pengguna bisa menyusun rencana aktivitas.

Beberapa informasi yang disajikan di Weather seperti suhu udara, kecepatan angin, kelembapan udara, kualitas udara, dan dan situasi cuaca di wilayah lain. Cara menggunakan aplikasi ramalan cuaca sangat mudah. Namun harus dipastikan dulu bahwa Anda mengaktifkan GPS smartphone agar aplikasi bisa membaca lokasi sehingga informasi cuaca bisa disajikan secara otomatis.

  1. Flowx: Weather Map Forecast

Aplikasi Flowx ini sedikit berbeda dengan aplikasi ramalan cuaca lain karena pengguna akan disajikan ramalan cuaca dengan warna sebagai indikatornya. Tiap warna memperlihatkan kecepatan angin yang tentu berpengaruh pada cuaca tiap harinya. Selain itu aplikasi ini berbasis map.

Pengguna bisa melihat cuaca di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu pengguna bisa membaca prakiraan cuaca selama seminggu ke depan.

Itulah informasi terkait aplikasi prakiraan cuaca paling akurat. Untuk mendapatkan informasi menarik kunjungi VOI.ID.