Penting! Beginilah Tips Merawat Kaca Mobil di Musim Hujan agar Tetap Bening
Foto ilustrasi. (Dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pemeliharaan komponen kendaraan di luar mesin, termasuk kaca mobil, adalah langkah penting untuk menjaga kondisi kendaraan tetap optimal. Meskipun sering diabaikan, perhatian khusus terhadap kaca diperlukan untuk memastikan visibilitas yang optimal, terutama dalam menghadapi musim penghujan di Indonesia.

Saat musim hujan, kaca mobil menjadi salah satu komponen krusial dalam melindungi bagian dalam kendaraan dan memastikan pengemudi memiliki pandangan yang jelas. Curah hujan dapat mengganggu visibilitas, sehingga perawatan maksimal diperlukan.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, membersihkan kaca segera setelah terkena air hujan penting untuk mencegah pertumbuhan jamur. "Segera bersihkan kaca setelah terkena air hujan agar tidak mengakibatkan jamur. Hindari jamur kaca dengan membersihkannya di semua bagian kaca dengan bahan tertentu," ujar Sapta kepada VOI, Minggu, 10 Desember.

Sapta juga merekomendasikan penggunaan bahan seperti 'Rain Repellent' untuk melindungi kaca. Bahan ini menciptakan efek seperti daun talas, sehingga air hujan mudah mengalir dan visibilitas tetap jelas meskipun terkena air hujan.

"Bisa gunakan bahan tertentu pada kaca sehingga air yang mengenai kaca akan jatuh seperti efek daun talas," tambah Sapta.

Selain itu, perhatikan keadaan wiper dan cairan pembersihnya untuk membersihkan kaca depan kendaraan. Pastikan wiper dalam kondisi baik agar dapat efektif menyapu air hujan saat berkendara.

Sapta menekankan pentingnya memeriksa fungsi AC kendaraan. Jika AC dimatikan, kaca mobil dapat berkabut, mengurangi visibilitas pengemudi saat hujan.

"Perhatikan juga fungsi AC kendaraan, karena jika AC dimatikan, kaca kendaraan akan menjadi berkabut saat hujan dan mengurangi visibilitas," pungkas Sapta.