7 Tips Merawat Wiper Mobil Agar Tetap Berfungsi dengan Baik
Ilustrasi wiper mobil (Foto: Pixabay/Dibjo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Wiper mobil merupakan komponen yang berfungsi membersihkan kaca mobil dari air. Karena fungsinya sangat krusial, wiper atau penyeka kaca perlu dirawat secara rutin agar tidak membahayakan pengemudi maupun penumpang, khususnya saat turun hujan. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas tips merawat wiper mobil yang benar. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tips Merawat Wiper Mobil

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis. 25 Januari 2024, berikut tips merawat wiper mobil yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan roda empat:

1. Cek kondisi karet pada wiper

Komponen wiper terdiri dari rangka besi (blade) dan karet. Rangka besi berfungsi sebagai penyangga, sedangkan karet berfungsi untuk menghalau dan menyapu air hujan dari kaca depan kendaraan.

Nah, karet adalah komponen wiper yang harus dijaga performanya. Bila kondisinya tidak dijaga dengan baik, bagian ini akan mudah rusak sehingga wiper tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Oleh sebab itu, lakukan perawatan untuk menjaga kondisi karet wiper. Pastikan tidak memarkir kendaraan di lokasi yang panas. Pasalnya, suhu tinggi akan diserap oleh kaca dan berdampak pada karet wiper.

Karet wiper yang terlalu sering terpapar suhu panas akan mengering dan pecah. Terkait hal ini, pemilik kendaraan disarankan untuk mengangkat dan mengganjal bagian dalam wiper untuk mencegah panas dari kaca mengenai karet.

2. Rutin menyeka lapisan wiper

Untuk menjaga performa wiper mobil tetap optimal, pemilik kendaraan perlu rajin menyeka lapisan wiper, misalnya saat mengisi bensin atau sesaat setelah memarkir mobil.

Tips merawat wiper mobil yang satu ini dapat dilakukan dengan kertas tisu yang agak basah. Mengelap lapisan wiper mobil sangat penting, sebab dapat membersihkan lapisannya dari debu atau mungkin minyak yang menempel.

3. Berhati-hati saat mengelap bagian wiper mobil

Ketika mencuci mobil, pemilik kendaraan perlu berhati-hati ketika membersihkan dan mengelap bagian wiper mobil. Pasalnya, pada sisi permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembab.

Jangan sampai lap yang dipakai untuk mengeringkan bodi mobil justru ikut menghilangkan cairan ini.

4. Poles karet wiper dengan cairan khusus

Tips merawat wiper mobil yang berikutnya, yakni memoles karet wiper dengan cairan pelindung bahan karet secara rutin. Usahakan untuk selalu menggunakan cairan khusus wiper dan hindari menggunakan air biasa. Hal ini dilakukan supaya lapisan karet pada wiper dapat mudah bergerak.

5. Cek cairan wiper

Cairan wiper adalah cairan yang disemprotkan ke kaca mobil sebelum wiper diaktifkan. Cairan wiper yang terdapat dalam tangki tidak boleh dibiarkan kosong.

Bila volume cairan dalam tangki wiper sudah berkurang, pemilik kendaraan wajib mengisinya kembali dengan air biasa atau cairan pembersih khusus. Cairan ini dapat mencegah goresan pada kaca mobil ketika wiper bekerja.

6. Hindari mengaktifkan wiper pada kaca kering

Hindari mengaktifkan wiper pada kaca yang kering. Sebelum menggunakan wiper, basahi kaca dengan menggunakan cairan pembersih atau air untuk melunakkan kotoran yang menempel. Menggunakan wiper pada kaca kering bisa merusak karet dan memengaruhi kinerja wiper.

7. Ganti komponen wiper secara berkala

Komponen wiper umumnya memiliki jangka waktu pemakaian satu tahun. Artinya, setelah setelah satu tahun, pemilik kendaraan perlu mengecek kondisinya secara menyeluruh.

Bila karet wiper mobil berdecit saat diaktifkan serta karet terlihat getas, maka sudah saatnya Anda mengganti wiper lama dengan yang baru.

Demikian informasi tentang tips merawat wiper mobil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.