5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Musim Panas
Ilustrasi (Alex Azabache/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan hal penting karena 60 persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Untuk itu, konsumsi air sangat wajib dilakukan selama musim panas karena cairan lebih mudah hilang dari tubuh melalui keringat. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan hal ini lantaran kurang suka minum air putih.

Itu sebabnya, VOI melansir Byrdie, Kamis, 25 Agustus, mengumpulkan serangkaian tips menghidrasi tubuh bagi Anda yang kurang suka minum air putih. Simak selengkapnya di bawah ini.

Minum Bir Rendah Alkohol atau Minuman Non-Alkohol

Alkohol dikenal sebagai diuretik, artinya dapat membuat Anda dehidrasi. Minum segelas bir rendah alkohol atau zero alkohol dapat membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik. "Ada beberapa bukti bahwa bir rendah alkohol atau non-alkohol dapat secara positif memengaruhi hidrasi tubuh karena tidak memiliki efek diuretik yang disebabkan oleh minuman dengan kandungan alkohol lebih tinggi," kata Katie Cavuto RD dan koki perusahaan eksekutif untuk Saladworks.

"Selain itu, kandungan natrium dari bir rendah alkohol atau non-alkohol dapat mendukung pengisian elektrolit. Tapi, tentu saja, air selalu yang terbaik, jadi isi botol Anda dengan air adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi." tutup Cavuto.

Tambahkan Elektrolit

Elektrolit sangat penting untuk membantu tubuh menyerap air. Dengan menambahkan elektrolit ke dalam air, Anda dapat meningkatkan hidrasi dalam tubuh. Jadi, meski Anda hanya minum sedikit air, tubuh Anda akan tetap terhidrasi secara menyeluruh. 

"Ada banyak tablet elektrolit yang bisa Anda coba konsumsi," kata Maya Feller, MS, RD, CDN dari Maya Feller Nutrition yang berbasis di Brooklyn. "Mereka adalah sumber elektrolit yang baik seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu tubuh menyerap air," terang Feller.

Campurkan Herbal ke Dalam Air

Jika Anda tidak menyukai rasa air, maka mencampurnya dengan berbagai rasa lain bisa membuat Anda bersemangat untuk meminumnya. 

"Buat es batu herbal dengan menambahkan herba kering atau segar ke dalam es batu Anda," saran Feller. 

"Herbal menambahkan nutrisi tambahan ke dalam air dan merupakan penguat rasa utama. Basil, peterseli, dan daun mint punya rasa menyegarkan jika Anda tambahkan ke dalam air,” tutup Feller.

Minum Air dengan Suhu Kamar di Pagi Hari

Meski menyegarkan, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap air es. Jadi biasakan untuk menenggak segelas air bersuhu kamar segera setelah Anda bangun di pagi hari. 

"Mulailah dengan secangkir air hangat," kata Cavuto. "Air hangat atau suhu kamar lebih menghidrasi daripada air dingin."

Konsumsi Makanan dengan Tinggi Kandungan Air

Minum air bukan satu-satunya cara untuk menghidrasi. Ada berbagai pilihan makanan yang mengandung tinggi air.

"Zucchini, labu, dan mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, bersama dengan folat, vitamin A, vitamin C, dan potasium," kata Dr. Nancy Lin, Ph.D. dan XPRO untuk YogaSix GO. 

"Sayuran ini mampu memberi tambahan air dalam tubuh. Anda hanya perlu mengonsumsinya dengan tambahan minyak zaitun dan keju parmesan untuk semangkuk salad yang lezat," jelas Lin.