Xiaomi Kembangkan Ponsel Layar Lipat, Bakal Jadi Kompetitor Utama Galaxy Z Flip!
Ilustrasi desain ponsel layar lipat Xiaomi (Notebookcheck)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah beberapa tahun lewat sejak kita menyaksikan kemunculan pertama ponsel layar lipat. Dan teknologi layar saat ini makin berkembang. Tak lagi lipat, Oppo bahkan menawarkan ponsel dengan layar yang bisa digulung.

Namun, tren layar lipat tampaknya masih menarik bagi sejumlah vendor smartphone. Dan Xiaomi menjadi salah satu produsen kawakan yang pengin mengembangkan ponsel berdesain unik ini.

Tak tanggung-tanggung, raksasa teknologi asal China itu bahkan sudah mematenkan tujuh desain HP layar lipat pada bulan Januari lalu. Dan tak selang lama, Xiaomi pun memperkenalkan ke publik ponsel dengan layar yang bisa dilipat pertamanya.

Diberi nama Mi Mix Fold, ponsel ultra flagship ini menerapkan mekanisme lipatan seperti Galaxy Z Fold 2. Yakni model lipatan secara vertikal.

Seperti masih belum puas dalam mengeksplorasi desain ponsel layar lipat, Xiaomi kembali mematenkan model ponsel anyar. Kali ini, perusahaan memilih desain seperti kepunyaan Samsung Galaxy Z Flip, yakni layar yang bisa dilipat horisontal.

Desain HP layar lipat Xiaomi (Lets Go Digital)

Didukung Lebih Banyak Kamera!

Informasi terkait ponsel dengan layar lipatan horisontal ini pertama kali dibagikan oleh Ilse Jurrien, jurnalis situs teknologi Let’s Go Digital. Jurrien menemukan bahwa paten atas model ini diperoleh Xiaomi dari Kantor Kekayaan Intelektual Nasional China (CNIPA) pada 2 Juli lalu.

Dari gambar yang dibagikan Jurrien, kita bisa melihat bahwa desain layar lipat menggunakan model clamshell. Yakni mekanisme layar yang mampu dilipat jadi dua bagian secara horisontal –mirip kepunyaan Galaxy Z Flip dan Motorola  Razr.

Meskipun begitu, terdapat sejumlah perbedaan dari ponsel milik Xiaomi ini. Yakni dukungan dua kamera selfie yang terletak di bagian kiri atas dari layar. Sementara itu, di bagian kanan, terdapat tombol yang, mungkin, merupakan tombol power serta pengatur volume audio.

Membalik perangkat, terdapat modul berbentuk lingkaran yang membungkus tiga buah kamera. Sedangkan di bagian pojok kiri atas, terdapat lubang kecil yang kemungkinan mebungkus LED Flash.

Sayangnya, Jurrien gagal mendapatkan informasi lebih lengkap terkait spesifikasi maupun fitur-fitur utama dari ponsel anyar ini. Pula, belum diketahui kapan perusahaan bakal memproduksi ponsel canggih ini.

Hanya saja, menurut Gizmochina, kemungkinan besar Xiaomi bakal memberi nama ponsel anyarnya ini sebagai Mi Mix Flip. Dan diperkirakan, ponsel ini bakal jadi kompetitor langsung dari perangkat lain dengan konsep yang serupa –seperti Motorola Razr atau Galaxy Z Flip.