Enggak Jadi Bikin Kendaraan Listrik Bareng Apple, Saham Hyundai dan Kia Tergelincir
Ilustrasi Apple Car. (Sumber: wccftech)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif Korea Selatan Hyundai Motor Co., mengumumkan pihaknya tidak dalam pembicaraan dengan Apple Inc., tentang pembuatan kendaraan listrik otonom pada Hari Senin 8 Februari waktu setempat. 

Pernyataan yang dikeluarkan sebulan setelah pengumuman adanya tahap awal pembicaraan, tentang rencana kerja sama dengan raksana teknologi tersebut membuat saham Hyundai tergelincir. 

Saham Hyundai dan afiliasinya Kia Corp., yang disebut oleh media lokal sebagai kemungkinan mitra untuk Apple, masing-masing merosot sebesar 4,2 persen dan 12 persen. Ini lantaran baik Hyundai maupun Kia sama-sama mengumumkan sedang tidak melakukan pembicaraan dengan Apple tentang pengembangan kendaraan otonom.

"Kami menerima permintaan kerjasama dalam pengembangan bersama kendaraan listrik otonom dari berbagai perusahaan, tetapi mereka masih dalam tahap awal dan belum ada yang diputuskan," kata Hyundai hari Senin melansir Reuters

Untuk diketahui, nilai saham Kia sepanjang tahun ini meroket hingga 61 persen, setelah Hyundai mengkonfirmasi laporan media lokal, bahwa Apple dan Hyundai sedan dalam diskusi mengembangkan kendaraan listrik otonom pada tahun 2027. Dan, mengembangkan baterai di pabrik AS yang dioperasikan oleh Hyundai atau Kia.

"Apple dan Hyundai sedang dalam diskusi, tetapi karena masih pada tahap awal, belum ada yang diputuskan," kata Hyundai sebelum merilis pernyataan berikutnya yang menghapus semua penyebutan Apple. 

Apple dikenal merahasiakan rencana produk, tidak pernah mengakui pembicaraan dengan pembuat mobil tentang pembuatan kendaraan, dan tidak segera tersedia untuk komentar di luar jam kerja di Amerika Serikat.