Akira Yoshino Prediksi Apple Car Bakal Meluncur Tahun Depan
Apple Car masih dalam tahap pengembangan. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Saat berbicara dengan Reuters tentang masa depan mobil self-driving, pemenang Hadiah Nobel Akira Yoshino mengungkapkan bahwa ia mengharapkan Apple untuk memimpin generasi baterai kendaraan listrik berikutnya.

Menurut Yoshino, ia memprediksi raksasa teknologi itu akan segera mengumumkan Apple Car pada tahun depan.

“Tesla memiliki strategi independen mereka sendiri. Yang harus diwaspadai adalah Apple,” kata Yoshino kepada Reuters. “Apa yang akan mereka lakukan? Saya pikir mereka mungkin mengumumkan sesuatu segera. Jenis mobil apa yang akan mereka umumkan? Apa jenis baterai? Mereka mungkin ingin masuk sekitar tahun 2025. Jika mereka melakukan itu, saya pikir mereka harus mengumumkan sesuatu pada akhir tahun ini. Itu hanya hipotesis pribadi saya sendiri.”

Apple dilaporkan telah mengerjakan mobil self-driving sejak 2014, ketika hampir 1.000 ahli dan insinyur mobil mulai mengembangkan kendaraan listrik dengan kode nama "Project Titan."

 

Awal tahun ini, laporan mengklaim bahwa Apple telah meminta Hyundai untuk membantu membuat kendaraan listrik, tetapi negosiasi terhenti pada Februari. Tak lama setelah Hyundai keluar, Apple dikabarkan mendekati kesepakatan dengan Kia untuk menangani sisi produksi, dengan satu laporan mengklaim perusahaan Cupertino akan berinvestasi di wilayah  3,6 miliar dolar AS ke Kia untuk proyek tersebut.

Bulan-bulan sejak itu telah menjadi headline oleh perkiraan yang kontradiktif mengenai kedatangan Apple Car, dengan beberapa analis memperkirakan target tahun 2024, sementara laporan lain menunjukkan bahwa kendaraan self-driving Apple setidaknya lima hingga tujuh tahun lagi.