Apple Berhasil Gaet Hyundai Buat Bikin Mobil Otonom
Apple gandeng Hyundai untuk buat AppleCar (wccftech)

Bagikan:

JAKARTA - Apple semakin bergegas mewujudkan ambisinya membuat mobil otonom. Baru-baru ini, raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu dikabarkan tengah menyelesaikan kesepakatan dengan perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai-Kia.

Melansir CNBC International, perusahaan itu bakal membuat mobil listrik otonom untuk Apple yang akan diproduksi di pabrik Kia yang berlokasi di West Point, Georgia, AS. Rencananya, Apple Car akan mulai dibuat pada 2024.

Namun, sampai saat ini Apple dan Hyundai-Kia belum memberikan pernyataan resminya terkait rencana kemitraan dua perusahaan besar itu. Bebrapa sumber lain juga melaporkan bahwa kesepakatan tersebut bisa saja diundur.

Apple menggandeng Hyundai merupakan langkah awal untuk mengembangkan mobil otonom Apple Car untuk kawasan Amerika Utara. Perusahaan tersebut memperkenankan Apple untuk merancang perangkat lunak dan perangkat kerasnya untuk kendaraan listrik.

Mobil listrik ini akan menggunakan nama Apple Car dan tidak akan memakai nama Hyundai-Kia. Kesepakatan tersebut mendapat sambutan positif dari bos Hyundai, Eusun Chung. Pasalnya, Chung juga ingin memproduksi mobil listrik di masa depan.

Pejabat tinggi Hyundai-Kia meyakini kolaborasi ini bakal bisa mempercepat tujuan perusahaan untuk mengembangkan mobil listrik otonom sendiri. Namun, pihak Hyundai yang tidak ingin disebutkan namanya meragukan kerja sama ini karena mengetahui siasat Apple.

“Saya ragu hanya Hyundai jadi satu-satunya pembuat mobil yang mendapatkan kesepakatan, mungkin ada orang lain,” ujar sumber tersebut.

Hadirnya Apple dalam kompetisi otomotif bakal mengarahkannya ke pasar mobil dengan mobilitas global sejumlah 10 triliun dolar AS. Tentu saja jumlah ini lebih tinggi dari pasar ponsel dunia.