Bagikan:

JAKARTA - Apple Car adalah proyek mobil self-driving yang telah lama menjadi rumor dari raksasa teknologi asal Cupertino, AS. Ini bisa berupa kendaraan atau sistem perangkat lunak self-driving yang tersedia di merek mobil lain.

Dilaporkan oleh Daily Mirror, Apple telah meminta layanan mitra luar untuk elemen mobilnya, termasuk sensor lidar, yang membantu mobil self-driving mendapatkan tampilan 3D jalan, ungkap sebuah sumber yang mengetahui rencana Apple sebelumnya.

Apple Car dikabarkan akan didukung oleh terobosan teknologi baterai 'monocell' yang secara radikal dapat mengurangi biaya dan meningkatkan jangkauan kendaraan sebelum pengisian ulang diperlukan.

Masih belum jelas siapa yang akan merakit mobil bermerek Apple, tetapi sumber mengatakan mereka mengharapkan perusahaan bergantung pada mitra manufaktur untuk membangun kendaraan.

Jadwal Apple Car

Meskipun sedikit yang diketahui tentang perkembangan dan kemajuan Apple Car, rumor telah lama beredar:

2008 — CEO Apple saat itu Steve Jobs pertama kali mengungkapkan minatnya pada Apple Car setelah peluncuran iPhone asli dan peluncuran mobil pertama Tesla Motor, menurut penemu iPod, Tony Fadell dan anggota dewan Apple, Mickey Drexler.

2014 — Sebuah proyek mobil listrik, dengan nama sandi 'Titan' diduga mendapat lampu hijau dari CEO Apple, Tim Cook.

2015 — Apple dikabarkan telah merekrut karyawan baru untuk proyek tersebut, bersamaan dengan pertemuan dengan pakar mobil swakemudi dan Stasiun GoMentum, tempat pengujian kendaraan otonom yang berbasis di California. Perusahaan tersebut mempekerjakan anak perusahaan Daimler Trucks, Torc, untuk memasang sensor pada dua SUV Lexus dalam sebuah proyek yang secara internal dikenal sebagai 'Baja'.

2016 — Bloomberg melaporkan bahwa Apple telah memutuskan untuk mengalihkan prioritasnya ke pengembangan perangkat lunak untuk memberi daya pada solusi self-driving. Namun, sumber menunjukkan bahwa perusahaan masih mencari untuk akhirnya membuat mobil sendiri.

2017 — Tim Cook mengakui bahwa Apple sedang mengerjakan teknologi self-driving. Desas-desus muncul bahwa perusahaan akan menguji mobil otonom di jalan California.

2018 — Apple mendaftarkan 27 mobil self-driving ke Departemen Kendaraan Bermotor California. Perusahaan memasuki kemitraan yang dikabarkan dengan Volkswagen untuk memproduksi shuttle bus listrik otonom. FBI mendakwa mantan karyawan Apple karena mencuri rahasia dagang yang berkaitan dengan proyek Titan. Pada bulan Agustus, mobil self-driving Apple tertabrak selama pengujian jalan.

2019 — Drive.ai, perusahaan rintisan kendaraan otonom, diakuisisi oleh Apple.

2020 — Reuters melaporkan bahwa Apple sedang mengupayakan kemungkinan peluncuran Apple Car pada 2024.

2021 — Industri scuttlebutt mengatakan bahwa Apple sedang dalam pembicaraan dengan Hyundai dan Kia untuk bersama-sama memproduksi mobil listrik self-driving, tetapi produsen kendaraan menyangkal hal ini. Lebih banyak rumor muncul tentang tujuan peluncuran 2024 – kali ini bekerja sama dengan Toyota dan mitra Korea-nya.