Amazon Uji Coba Fitur <i>Driver Flex</i> yang Libatkan Langsung Masyarakat Jadi Pengantar Paket
Amazon sedang menguji coba program yang memiliki driver Flex . (foto: @KTVU )

Bagikan:

JAKARTA - Amazon sedang menguji coba program yang memiliki driver Flex yang dikontrak untuk mengambil dan mengirimkan paket dari mal. Program, yang menurut Bloomberg telah dijalankan Amazon sejak tahun lalu, dapat membantu Amazon memenuhi pesanan untuk pengiriman hari yang sama atau dua hari.

“Ini hanyalah cara lain kami dapat menghubungkan penjual Amazon dengan pelanggan melalui opsi pengiriman yang nyaman,” kata juru bicara Amazon, Lauren Samaha, dalam sebuah pernyataan email kepada The Verge. Samaha menambahkan, hanya segelintir penjual yang mengikuti program tersebut, namun tidak merinci yang mana saja.

Tidak sepenuhnya jelas di mana Amazon menjalankan pengujian. Pengemudi yang berbicara kepada Bloomberg tentang program tersebut mengutip pengambilan paket dari mal yang berlokasi di Chandler, Arizona, Las Vegas, Nevada, dan Tysons Corner, Virginia.

Sama seperti driver untuk Instacart atau DoorDash, driver Flex Amazon menggunakan kendaraan mereka sendiri untuk mengirimkan paket. Mereka biasanya mengambil paket dari stasiun pengiriman Amazon, tetapi ada juga opsi untuk mengambil paket dari toko lokal, yang menurut Samaha telah tersedia selama bertahun-tahun.

Pengiriman mal akan bekerja dengan cara yang sama, hanya pengemudi yang akan menuju ke toko-toko di dalam pusat perbelanjaan lokal untuk mengambil paket.

Awal bulan ini, Vox melaporkan bahwa Amazon diam-diam menguji layanan pengiriman yang membayar toko ibu-dan-pop di pedesaan untuk mengirimkan paket untuk perusahaan. Di satu sisi, bisnis lokal menjadi seperti kantor pos — paket dikirimkan 360 hari setahun, dan pekerja ditugaskan untuk mengirimkannya dalam radius 10 mil.

Amazon sebelumnya mengandalkan US Postal Service dan UPS untuk pengiriman terakhir, di mana paket benar-benar mencapai depan pintu pelanggan, tetapi memberi toko lokal pekerjaan itu dapat mengurangi kebutuhan untuk melibatkan salah satu layanan.

Raksasa ritel itu juga ingin menaklukkan layanan pengiriman lainnya di situs web pihak ketiga. Pada bulan April, Amazon mulai membiarkan pedagang yang sudah menyimpan barang di gudang Amazon menambahkan tombol "Beli Dengan Perdana" ke situs web mereka.

Hal ini memungkinkan pelanggan mendapatkan manfaat dari pengiriman Prime saat berbelanja di luar Amazon, dan juga memberikan lebih banyak bisnis pada sektor pemenuhan Amazon yang berkembang.