YouTube Akhirnya Hentikan Paket Premium Lite
Ilustrasi paket berlangganan Premium Lite di YouTube. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Pada Senin, 25 Oktober lalu, YouTube mengumumkan bahwa paket berlangganan Premium Lite akan dihentikan. Pengumuman ini disebarkan melalui email para pelanggannya.

"Kami ingin memberi tahu Anda bahwa setelah 25 Oktober 2023, kami tidak akan lagi menawarkan versi Premium Lite kepada Anda,” tulis YouTube, dikutip dari The Verge.

Paket Premium Lite telah diuji coba oleh YouTube selama dua tahun. Paket ini pertama kali diluncurkan di beberapa negara bagian Eropa pada tahun 2021, di antaranya adalah Belgia, Denmark, Finlandia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, dan Swedia.

Paket yang diluncurkan dengan harga Rp119 ribu ini menawarkan fitur yang hampir serupa dengan Premium biasa. Beberapa fitur yang disediakan adalah pengunduran offline, pemutaran video tanpa membuka aplikasi, dan akses ke YouTube Music.

Dengan dihapusnya fitur Premium Lite, pelanggan kini hanya diberikan dua opsi, berlangganan paket Premium atau tidak berlangganan sama sekali sehingga perlu menonton YouTube dengan iklan.

Namun, YouTube memberikan kemudahan kepada para pengguna paket Premium Lite. Dalam email yang dikirimkan oleh YouTube, para pengguna Premium Lite akan mendapatkan uji coba gratis YouTube Premium selama sebulan.

Uji coba gratis YouTube Premium ini bisa dinikmati setelah pelanggan menghabiskan masa paket Premium Lite atau setelah pelanggan membatalkan paket tersebut.