Bagikan:

JAKARTA – YouTube terus mengubah harga paket berlangganan selama beberapa tahun terakhir. Setelah menaikkan harga bagi pelanggan di luar AS pada November lalu, YouTube kembali melakukan penyesuaian tarif.

Penetapan harga terbaru ini disampaikan langsung oleh YouTube melalui email para pelanggan. Saat ini, paket YouTube Premium Individual dijual seharga Rp59 ribu per bulan. Namun, mulai November mendatang, harga paket ini akan berubah menjadi Rp69 ribu.

YouTube menjelaskan bahwa kenaikan harga ini dipengaruhi oleh fitur dan layanan platform yang terus ditingkatkan. Selain itu, kenaikan harga ini perlu dilakukan untuk mendukung seluruh konten YouTube yang dibuat oleh para kreator maupun artis.

"Untuk terus memberikan layanan dan fitur yang hebat, kami menaikkan harga langganan Anda menjadi Rp69.000/bulan. Kami tidak membuat keputusan ini dengan mudah, tetapi pembaruan ini akan memungkinkan kami untuk terus meningkatkan layanan Premium," kata YouTube. 

Perubahan harga ini mulai diberlakukan pada 9 November yang akan datang. Jika pengguna paket Premium Individual harus melakukan renewal sebelum tanggal tersebut, pengguna akan membayar dengan harga normal yang berlaku saat ini.

"Terima kasih telah menjadi anggota YouTube Premium," tulis YouTube dalam email ke pengguna. "Meskipun kami berharap Anda tetap menjadi anggota, Anda dapat membatalkan langganan kapan saja di sini (Halaman Pembatalan Paket Premium)."

Kabarnya, sebagian besar negara yang mengalami perubahan harga paket Premium ada di Eropa, seperti Irlandia, Belgia, Italia, dan Belanja. Sementara itu, selain Indonesia, negara di Asia Tenggara yang terdampak adalah Singapura dan Thailand.