Bagikan:

JAKARTA - Spotify akan mengeluarkan fitur baru yang dapat membantu para podcaster. Fitur ini memudahkan podcaster membuat podcast dengan bahasa lain yang tak mereka kuasai.

Dikutip dari The Verge, Fitur terjemahan ini didukung dengan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan (AI). Lebih jelasnya, fitur terjemahan podcast ini merupakan alat transkripsi suara OpenAI, yakni Whisper.

Fitur ini mampu membuat transkripsi bahasa dari bahasa Inggris ke bahasa lainnya ataupun sebaliknya, yakni bahasa lain ke bahasa Inggris.

Pengembangan fitur ini pun menjadi luar biasa karena fitur terjemahan ini tak hanya sekadar ucapan ke teks. Dengan begitu, transkripsi yang dihasilkan tak akan terdengar kaku.

Meski berubah ke bahasa lain, para penikmat podcast tetap bisa merasakan suara dari podcaster itu sendiri. Pasalnya, AI akan tetap mereproduksi suara asli podcaster-nya.

Spotify sendiri telah bekerja sama dengan beberapa podcaster sejauh ini. Podcaster ini di antaranya adalah Dax Shepard, Monica Padman, Lex Fridman, Bill Simmons, dan Steven Bartlett.

Nantinya, episode berbahasa Inggris akan diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol dengan alat yang Spotify kembangkan. Spotify juga berencana meluncurkan terjemahan bahasa Prancis dan Jerman dalam beberapa minggu mendatang.