Bagikan:

JAKARTA - Di tengah drama perusahaan setelah memecat Sam Altman pada Jumat lalu, OpenAI memutuskan untuk meluncurkan kemampuan ChatGPT Voice secara gratis, kepada semua pengguna. 

Diluncurkan pertama kali pada bulan September, ChatGPT Voice dan Image awalnya hanya bisa diakses oleh pengguna Plus dan Perusahaan selama dua minggu. Sekarang, perusahaan menepati janjinya untuk merilisnya secara gratis ke publik. 

“ChatGPT Voice sekarang tersedia untuk semua pengguna gratis. Unduh aplikasi di ponsel Anda dan ketuk ikon headphone untuk memulai percakapan,” tulis perusahaan dalam pengumumannya di X. 

Dengan ChatGPT Voice, Anda kini dapat menggunakan suara untuk melakukan percakapan bolak-balik dengan asisten Anda, tanpa perlu mengetik lagi. 

“Kemampuan suara baru ini didukung oleh model text-to-speech baru, yang mampu menghasilkan audio mirip manusia hanya dari teks dan contoh ucapan beberapa detik,” tulis perusahaan pada bulan September lalu. 

OpenAI juga berkolaborasi dengan pengisi suara profesional untuk menciptakan setiap suara. Mereka menggunakan Whisper, sistem pengenalan ucapan sumber terbuka perusahaan, untuk menyalin kata-kata yang Anda ucapkan ke dalam teks.

Dengan demikian, fitur ChatGPT Voice dilengkapi dengan perpustakaan suara yang direkam oleh pengisi suara. Dengan perpustakaan sampel tersebut, OpenAI mampu mengembangkan model yang menyatukan kata-kata dan nuansa bahasa secara realistis.

Pengumuman ini datang setelah OpenAI resmi memecat CEO nya Sam Altman dari perusahaan. Sam Altman dan Greg Brockman akhirnya direkrut Microsoft sebagai tim riset AI baru Microsoft.