Bagikan:

JAKARTA - Investor  di OpenAI, pengembang ChatGPT, sedang mengeksplorasi langkah hukum terhadap dewan perusahaan. Hal ini diungkapkan sebuah sumber yang akrab dengan masalah tersebut kepada Reuters pada Senin, 20 November. Hal ini terjadi setelah direksi memecat CEO Sam Altman dan memicu potensi eksodus massal karyawan.

Sumber menyatakan bahwa investor bekerja sama dengan penasihat hukum untuk mempelajari opsi mereka. Belum jelas apakah investor ini akan menggugat OpenAI.

Investor khawatir bahwa mereka bisa kehilangan ratusan juta dolar yang mereka investasikan di OpenAI, yang merupakan permata di beberapa portofolio mereka, dengan potensi runtuhnya startup paling panas di sektor generative AI yang berkembang pesat.

Microsoft  memiliki 49% saham di perusahaan itu, menurut sumber yang akrab dengan masalah ini. Investor dan karyawan lain mengendalikan 49%, dengan 2% dimiliki oleh induk nirlaba OpenAI, menurut Semafor.

Dewan OpenAI memecat Altman pada Jumat 17 November setelah "terjadinya pemutusan komunikasi". Pada Senin, sebagian besar dari lebih dari 700 karyawan OpenAI mengancam untuk mengundurkan diri kecuali perusahaan mengganti dewan direksi.

Investor modal ventura biasanya memiliki kursi dewan atau kekuatan suara di perusahaan portofolio mereka, tetapi OpenAI dikendalikan oleh induk perusahaannya, OpenAI Nonprofit, yang menurut situs web OpenAI dibuat untuk memberikan manfaat "kepada kemanusiaan, bukan investor OpenAI."

"Sebagai hasilnya, karyawan memiliki lebih banyak daya ungkit dalam memberikan tekanan pada dewan daripada para pemodal ventura yang membantu mendanai perusahaan," kata Minor Myers, seorang profesor hukum di University of Connecticut. "Tidak ada yang tepatnya berada di posisi seorang investor yang terluka," katanya.

Itu adalah fitur, bukan bug, dari struktur OpenAI, yang awalnya didirikan sebagai nirlaba tetapi menambahkan anak perusahaan berorientasi laba pada tahun 2019 untuk mengumpulkan modal. Menjaga kendali atas operasi memungkinkan sifat nirlaba untuk mempertahankan "misi inti, tata kelola, dan pengawasan," menurut situs web perusahaan.

Dewan nirlaba memiliki kewajiban hukum terhadap organisasi yang mereka awasi. Tetapi kewajiban-kewajiban tersebut, seperti kewajiban untuk berhati-hati dan menghindari transaksi yang merugikan, memberikan banyak keleluasaan bagi keputusan kepemimpinan, kata para ahli.

Kewajiban-kewajiban tersebut dapat lebih dipersempit dalam struktur perusahaan seperti OpenAI, yang menggunakan perusahaan dengan tanggung jawab terbatas sebagai lengan operasionalnya, yang potensial lebih menjauhkan direktur nirlaba dari para investor, kata Paul Weitzel, seorang profesor hukum di University of Nebraska.

Bahkan jika investor menemukan cara untuk menggugat, Weitzel mengatakan bahwa mereka akan memiliki kasus yang "lemah." Perusahaan memiliki kelonggaran yang luas di bawah hukum untuk membuat keputusan bisnis, bahkan keputusan yang gagal.

"Anda dapat memecat pendiri visioner," kata Weitzel. Apple juga dikenang sempat memecat Steve Jobs pada tahun 1980-an, sebelum memulangkannya kembali sekitar satu dekade kemudia