CEO Sam Altman Dipecat Dewan Direksi OpenAI, Greg Brockman Mundur dari Perusahaan
CEO Sam Altman OpenAI dipecat dan Presiden OpenAI Greg Brockman mengundurkan diri /FOTO akun X @sama

Bagikan:

JAKARTA – OpenAI melakukan perombakan yang tidak terduga dan mengumumkan CEO Sam Altman dipecat. Melalui pemecatan ini, Sam harus segera meninggalkan perusahaan.

Sam dan Greg Brockman, Presiden OpenAI, mengaku terkejut dan sedih dengan keputusan dari para dewan direksi. Melalui unggahannya di X, Brockman menjelaskan runtutan kejadian yang terjadi sebelum OpenAI mengabarkan pemecatan Altman.

Awalnya, Kepala Ilmuwan sekaligus salah satu pendiri OpenAI Ilya Sutskever mengundang Altman ke dalam pertemuan pada Jumat, 17 November lalu. Dalam pertemuan itu, hadir seluruh dewan direksi kecuali Brockman.

“Sam mendapat pesan dari Ilya yang meminta untuk berbicara pada hari Jumat siang. Sam bergabung dengan Google Meet dan seluruh anggota dewan, kecuali Greg, hadir di sana. Ilya memberi tahu Sam bahwa dia dipecat dan beritanya akan segera diumumkan,” tulis Brockman melalui akunnya.

Brockman mengaku tidak mengetahui rencana pemecatan ini sebelumnya. Ia baru diberi kabar pemecatan Altman setelah Sutskever mengundang dirinya ke konferensi Google Meet yang terpisah.

Anggota dewan mengatakan kepada Brockman, mereka tidak akan memecatnya. Menurut mereka, peran Brockman sangat penting bagi perusahaan, tetapi Brockman yang sudah terkejut dengan tindakan dewan direksi memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Brockman dan Altman mengatakan tim manajemen dan Direktur Teknik OpenAI Mira Murati baru megetahui kabar ini setelah Altman dicopot dari posisinya. Terlepas dari situasi ini, Brockman mengaku senang dengan respons publik.

“Curahan dukungan yang diberikan sungguh menyenangkan, terima kasih, tapi tolong jangan buang waktu untuk khawatir. Kita akan baik-baik saja. Hal-hal yang lebih besar akan segera hadir,” jelas Brockman.

Sementara itu, Altman mengatakan pemecatan dirinya adalah pengalaman yang sangat aneh. Meski pemecatan ini bukanlah kabar yang baik, Altman mengaku senang pernah bekerja di OpenAI dengan orang-orang yang berbakat.

“Saya menyukai waktu saya di OpenAI. Ini sangat transformatif bagi saya pribadi dan semoga dunia sedikit berubah. Yang terpenting, saya senang bekerja dengan orang-orang berbakat seperti itu,” tulis Altman.

Terkait