Sam Altman Tidak Akan Kembali Menjadi CEO OpenAI
Mantan CEO OpenAI Sam Altman (foto: Sam Altman)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah resmi memecat Sam Altman dari perusahaan OpenAI pada Jumat lalu, sejumlah karyawan berusaha meyakinkan dewan perusahaan untuk kembali mempekerjakan Altman sebagai CEO. 

Tapi sayangnya, dari sebuah memo internal yang dikirim oleh Ilya Sutskever, direktur dewan dan salah satu pendiri OpenAI, yang diterima oleh The Information dan dikutip VOI via TechCrunch, Altman tidak akan kembali menjadi CEO di perusahaan tersebut. 

Sam Altman telah memutuskan untuk meninggalkan negosiasi, setidaknya untuk saat ini. Dan, seiring dengan berlanjutnya pencarian CEO permanen baru, OpenAI telah menunjuk Emmett Shear, salah satu pendiri situs streaming video Twitch, sebagai CEO sementara, menggantikan Mira Murati, yang hanya menjabat selama dua hari.

Saat pemecatan dilakukan, Greg Brockman, Presiden OpenAI, mengaku terkejut dan sedih dengan keputusan dari para dewan direksi. Brockman menjelaskan bahwa ia tidak mengetahui rencana pemecatan tersebut sebelumnya.

Direktur dari perusahaan yang kini bernilai sekitar 80 miliar dolar AS (Rp1.234 triliun), menyebutkan bahwa kegagalannya untuk "konsisten dalam berkomunikasi" sebagai alasan pemecatan tersebut.

Selain itu, The Information juga mengungkapkan bahwa akibat dari pemecatan Altman dari perusahaan adalah rencana penjualan saham karyawan OpenAI yang akan menilai startup tersebut sekitar 86 miliar dolar AS (Rp1.264,7 triliun) secara teoritis berada dalam situasi tak menentu.