Bagikan:

JAKARTA - Setelah kabar pemecatan Sam Altman yang tak terduga dari OpenAI lima hari lalu, perusahaan di balik ChatGPT itu mengumumkan bahwa Sam Altman akan kembali sebagai CEO OpenAI. 

“Kami telah mencapai kesepakatan pada prinsip bagi Sam Altman untuk kembali ke OpenAI sebagai CEO,” tulis perusahaan dalam pengumumannya di X pada Rabu, 22 November. 

Selain itu, dewan asli telah dibubarkan sebelumnya akan digantikan oleh dewan baru yang beranggotakan tiga orang sementara dengan Bret Taylor (ketua), Larry Summers dan anggota dewan asli Adam D'Angelo.

Meskipun demikian, perjanjian tersebut telah dicapai “secara prinsip”, namun perusahaan mengatakan masih harus disetujui oleh semua pihak. 

“Kami berkolaborasi untuk mencari tahu detailnya. Terima kasih banyak atas kesabaran Anda melalui ini,” tambahnya dalam postingan yang sama. 

Di sisi lain, Sam Altman juga membuat sebuah postingan yang bertuliskan, “Saya suka OpenAl, dan semua yang saya lakukan selama beberapa hari terakhir adalah demi menjaga tim ini dan misinya tetap bersama. Ketika saya memutuskan untuk bergabung dengan Microsoft pada matahari malam, jelas itu adalah jalan terbaik bagi saya dan tim.”

“Dengan dewan baru dan dengan dukungan Satya, saya berharap dapat kembali ke openai, dan membangun kemitraan kuat kami dengan Microsoft,” lanjut Altman. 

Bersamaan dengan pengumuman itu, dalam postingan yang berbeda, mantan President dan Co-founder OpenAI Greg Brockman juga mengatakan akan kembali ke OpenAI. 

Di siai lain, Chairman Microsoft Satya Nadella meyakini perubahan ini merupakan langkah penting pertama menuju tata kelola yang lebih stabil, terinformasi, dan efektif. 

“Sam, Greg, dan saya telah berbicara dan sepakat bahwa mereka mempunyai peran penting bersama dengan tim kepemimpinan OAI dalam memastikan OAI terus berkembang dan membangun misinya,” kata Nadella. 

Nadella juga berharap dapat membangun kemitraan yang kuat dan memberikan nilai Al generasi berikutnya kepada pelanggan dan mitra Microsoft