Bagikan:

JAKARTA - OpenAI, perusahaan di balik chatbot kecerdasan buatan (AI) populer ChatGPT, mengumumkan penundaan pendaftaran baru untuk versi premium alat AI tersebut, ChatGPT Plus. Ini disebabkan adanya lonjakan tinggi penggunaan setelah DevDay.

CEO perusahaan, Sam Altman, mengumumkan keputusan ini melalui unggahan di X (sebelumnya Twitter) pada Rabu, 15 November. Menurut Altman, pendaftaran baru dihentikan karena platform tersebut telah melebihi kapasitasnya, memengaruhi kualitas pengalaman pengguna.

Altman mengatakan bahwa ChatGPT Plus telah melihat lonjakan penggunaan sejak DevDay OpenAI, di mana perusahaan mengumumkan beberapa antarmuka pemrograman aplikasi (API) baru sekitar seminggu yang lalu.

CEO tersebut mengatakan meskipun pendaftaran baru ditangguhkan sementara, pengguna masih dapat memilih dalam aplikasi untuk dinotifikasi ketika langganan dibuka kembali. Keputusan untuk menunda pendaftaran baru ChatGPT mengikuti satu minggu di mana layanan OpenAI, termasuk ChatGPT dan API-nya, mengalami serangkaian pemadaman terkait dengan permintaan tinggi dan serangan penolakan layanan terdistribusi.

Penangguhan ini seharusnya berarti bahwa pengembang yang membangun transformer pra-pelatihan generatif (GPT) dan menggunakan API mengalami lebih sedikit masalah (seperti tidak dapat menyimpan draf GPT). Tetapi ini juga dapat berarti penurunan sementara pengguna baru GPT, karena saat ini hanya tersedia untuk pelanggan Plus.

Setelah diperkenalkannya GPT, pengembang dan perusahaan telah membangun GPT untuk berbagai tujuan, seperti desain grafis di Canva. Pemasar pencarian yang sudah berlangganan ChatGPT Plus dapat mencoba GPT untuk penilaian konten yang membantu dan pembelajaran SEO.

ChatGPT adalah salah satu chatbot AI paling populer, dengan lebih dari 180 juta pengguna, menurut data SimilarWeb. Namun, mereka menghadapi persaingan yang meningkat dari Bard milik Google dan Claude 2 milik Anthropic. Pada 5 November, Elon Musk mengumumkan bahwa ia telah membuat program obrolan AI-nya sendiri, "Grok."

OpenAI telah memperluas cakupannya belakangan ini setelah bermitra dengan startup Humane untuk meluncurkan perangkat AI fisik, Ai Pin, yang merupakan asisten virtual AI yang dapat dipakai.