Bagikan:

JAKARTA – Saat menggelar Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Senin, 10 Juni lalu, Apple mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kemitraan dengan OpenAI dalam menggunakan ChatGPT.

Saat itu, Apple mengatakan bahwa chatbot Kecerdasan Buatan (AI) milik OpenAI akan diintegrasikan ke beberapa fitur di iOS 18. Meski tampaknya kesepakatan antara Apple dan OpenAI cukup besar, perusahaan itu tidak menjelaskan detail dari perjanjiannya.

Namun, baru-baru ini terungkap bahwa Apple tidak memberikan bayaran sedikit pun kepada OpenAI dalam menggunakan ChatGPT. Berdasarkan laporan Bloomberg, kemitraan antara Apple dan OpenAI tidak menghasilkan pendapatan bagi kedua belah pihak.

Sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut mengatakan bahwa Apple percaya dengan eksposur ChatGPT yang diintegrasikan ke iOS 18. Perusahaan itu yakin bahwa integrasi ini memiliki nilai yang sama atau bahkan lebih besar dari uang tunai.

Apple pun yakin bahwa penggunaan ChatGPT di iOS 18 akan mendorong atau mempromosikan penggunaan teknologi OpenAI ke ratusan juta pengguna iPhone. Meski saat ini Apple tidak membayar, hal ini bisa berubah di masa depan.

Setelah iOS 18 diluncurkan, Apple berencana menandatangani kesepakatan bagi hasil dengan perusahaan AI yang bekerja sama dengannya. Melalui kesepakatan ini, Apple bisa mendapatkan potongan dari mitra yang memonetisasi penggunaan chatbot di platform Apple.

Untuk saat ini, Apple hanya bekerja sama dengan OpenAI. ChatGPT yang diintegrasikan ke iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequioa bisa diakses secara gratis. Khusus untuk pelanggan ChatGPT Plus, mereka bisa mengakses berbagai fitur tambahan dari Apple.