Bagikan:

JAKARTA - Dalam kesepakatan terbaru, Apple akan mengintegrasikan ChatGPT ke iOS 18 yang akan diluncurkan akhir tahun ini, mempererat hubungan antara Apple dan OpenAI. Saat WWDC24, Apple mengumumkan bahwa pengguna iPhone akan dapat mengirim pertanyaan ke chatbot OpenAI ketika respons Siri dirasa kurang memadai.

Kerja sama ini tidak melibatkan kompensasi finansial, tetapi Apple akan mendapatkan peran sebagai pengamat di dewan OpenAI.

Menurut Bloomberg, Apple Fellow, Phil Schiller, akan mendapatkan peran sebagai pengamat di dewan OpenAI akhir tahun ini. Meskipun posisi ini tidak memberikan hak suara atau keputusan di perusahaan, Schiller  akan memiliki akses ke pertemuan dewan dan wawasan perusahaan. Schiller belum mulai menghadiri pertemuan dewan OpenAI karena pengaturan ini baru akan berlaku akhir tahun ini.

Keberadaan Microsoft sebagai pendukung terbesar OpenAI dapat menimbulkan komplikasi dengan adanya Schiller di dewan. Beberapa pertemuan dewan OpenAI mungkin akan membahas inisiatif AI masa depan antara OpenAI dan Microsoft — diskusi yang mungkin Microsoft ingin Schiller dikecualikan. Pengamat dewan sering kali keluar dari pertemuan selama diskusi yang dianggap sensitif.

Selain ChatGPT, rumor menyebutkan bahwa Apple juga akan mengintegrasikan Google Gemini ke iOS 18 pada musim gugur ini. Jika kemitraan ini terwujud, pengguna iPhone akan dapat memilih antara dua penyedia AI yang berbeda, bukan hanya bergantung pada layanan OpenAI saja.