Bagikan:

JAKARTA - Nasdaq Stockholm, resmi meluncurkan produk investasi baru berupa Exchange-Traded Product (ETP) untuk aset kripto XRP. Produk ini dihadirkan oleh manajer aset digital asal Swedia, Virtune, yang mengumumkan debut Virtune ETP XRP dalam pernyataan resmi pada hari Selasa.

Produk investasi ini bertujuan untuk memberikan cara baru bagi investor untuk memanfaatkan kinerja XRP, proyek kripto terbesar ketujuh dengan valuasi lebih dari 26,63 miliar Dolar AS (sekitar Rp436 triliun).

ETP XRP yang baru diluncurkan ini sepenuhnya dijamin dan didukung 100% oleh token XRP fisik. Virtune bekerja sama dengan bursa terkemuka AS, Coinbase, sebagai penjaga cadangan XRP mereka.

Menurut informasi The Crypto Basic, produk investasi XRP ini mulai diperdagangkan hari ini, 2 Juli, dengan ticker VIRXRP. Produk ini ditujukan untuk pasar Nordik dan dihargai dalam mata uang Krona Swedia (SEK). Investor dapat mengaksesnya melalui platform Avanza dan Nordnet.

Investor dikenakan biaya manajemen tahunan sebesar 1,49%. Menurut pernyataan resmi, ETP XRP ini dapat diakses oleh investor ritel dan institusi melalui berbagai bank dan broker.

BACA JUGA:


Dengan peluncuran ini, Virtune bergabung dengan daftar manajer aset yang terus berkembang yang menghadirkan produk investasi XRP di luar Amerika Serikat. Sebelumnya, pada bulan Februari, manajer aset Eropa, Valour, meluncurkan ETP XRP di Pasar Pertumbuhan Nordik. Selain itu, 21Shares telah mencatatkan ETP XRP selama setengah dekade.

Dalam pengumumannya, Virtune menyoroti proposisi nilai unik XRP sebagai aset kripto yang dioptimalkan untuk pembayaran lintas batas yang cepat dan hemat biaya. Perusahaan mencatat bahwa XRP unggul dibandingkan sistem perbankan tradisional dengan memungkinkan transaksi selesai dalam hitungan detik.

Virtune juga mengakui bahwa proposisi ini membuat XRP menjadi solusi menarik untuk transfer multinasional. Perusahaan Swedia ini juga menekankan bahwa XRP mendapat dukungan dari komunitas yang kuat dan berdedikasi, serta didukung oleh fintech Amerika, Ripple.

Menanggapi peluncuran XRP ETP ini, CEO Virtune, Christopher Kock, menyatakan bahwa produk baru ini memenuhi permintaan yang meningkat dari investor yang mencari cara aman untuk berinvestasi di XRP.