Lanjutkan Negosiasi dengan OpenAI, Apple Ingin Hadirkan Alat Pendukung AI di iOS 18
Apple (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Apple sedang mengembangkan berbagai fitur Kecerdasan Buatan (AI) di sistem terbaru mereka, yaitu iOS 18. Kabarnya, beberapa fitur AI di iOS 18 akan didukung oleh ChatGPT, chatbot AI yang dikembangkan OpenAI.

Kerja sama antara Apple dan OpenAI ini sudah dijajaki sejak awal tahun. Hal ini diketahui setelah Apple terlihat menjalankan pengujian internal dengan ChatGPT. Meski alat AI-nya sudah diuji, keduanya belum resmi bekerja sama.

Laporan terbaru dari Bloomberg mengatakan bahwa Apple dan OpenAI sedang melanjutkan negosiasi dan potensi kemitraan atas penggunaan ChatGPT di beberapa fitur iPhone dan iPad. Sumber terdekat Apple pun mengatakan bahwa alat dari OpenAI akan diintegrasikan ke iOS 18.

Negosiasi ini fokus pada penggunaan alat yang mendukung chatbot berbasis AI. Belum diketahui apakah alat ini akan menggantikan posisi Siri. Namun, 9to5mac sempat menemukan kerangka kerja SiriSummarization yang terintegrasi dengan ChatGPT.

Selain menggunakan ChatGPT, kabar lainnya mengatakan bahwa Apple sedang mengupayakan pengguna Gemini di iOS 18. Perusahaan ini juga sedang berdiskusi dengan Google mengenai kesepakatan dalam hal biaya.

New York Times, pada bulan lalu, sempat melaporkan bahwa Apple dan Google masih membahas berbagai hal yang bersifat pendahulan. Mereka belum mencapai inti dan belum menentukan ruang lingkup dari kesepakatan yang akan dibangun.

Selain menjajaki kemitraan dengan OpenAI dan Google, Apple juga diam-diam bernegosiasi dengan Baidu, perusahaan AI asal China. Teknologi dari Baidu akan ditambahkan ke dalam iPhone yang diproduksi khusus untuk pengguna di China karena Google tidak beroperasi di negara tersebut.

Terkait