Apple Kembangkan Fitur AI dan LLM untuk iOS 18
Ilustrasi iOS 18 untuk iPhone (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Tak ingin tertinggal dari Samsung dan Google, Apple juga sedang membuat berbagai fitur baru dengan tenaga Kecerdasan Buatan (AI). Kabarnya, fitur ini akan ditambahkan ke iOS 18.

Pihak internal Apple, termasuk CEO Tim Cook, memberikan tanda bahwa perusahaannya sedang mengembangkan fitur berbasis AI. Meski tidak diungkapkan secara gamblang, beberapa fiturnya sudah bocor dan banyak dibicarakan.

Beberapa waktu lalu, Bloomberg melaporkan bahwa iOS 18 akan menjadi salah satu pembaruan iOS terbesar yang pernah ada. Pasalnya, Apple akan menambahkan Model Bahasa Besar (LLM) yang akan menyaingi OpenAI, yaitu AppleGPT.

Kabarnya, Apple GPT menggunakan kerangka kerja yang disebut sebagai Ajax. Kerangka kerja ini telah dikerjakan sejak tahun 2022 untuk menjadi dasar dari pembelajaran mesin. Ajax juga akan menjadi dasar bagi seluruh fitur AI di iOS 18.

Sementara itu, mengutip dari 9to5mac, beberapa fitur AI yang akan ditambahkan ke iOS 18 adalah versi baru Siri dengan LLM dan integrasi AI ke Pages, Keynote, dan Numbers dalam bentuk ringkasan, pembuat konten, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada fitur pembuat daftar putar otomatis di Apple Music, fitur untuk menyelesaikan blok kode di Xcode, pencarian Spotlight dengan AI generatif, pelatihan kesehatan bertenaga AI, dan pembuat pesan otomatis di aplikasi perpesanan.

Meski banyak fitur berbasis AI yang sudah bocor, beberapa fitur mungkin tidak akan ditambahkan ke iOS 18. Kemungkinan besar, fitur yang masih perlu dikembangkan dengan matang akan ditambahkan ke pembaruan berikutnya, yaitu iOS 19.