Apple Larang Metode Pengeringan iPhone Menggunakan Beras
IPhone tidak boleh dikeringkan dengan beras (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Ponsel yang jatuh ke dalam air harus segera dikeringkan agar komponennya tidak rusak. Biasanya, beras akan digunakan untuk mengeringkan ponsel, tetapi Apple melarang keras tindakan ini.

Saat menggunakan beras untuk mengeringkan ponsel, biasanya perangkat akan dimasukkan ke dalam wadah kecil yang dipenuhi oleh beras. Menurut Apple, tindakan ini bisa merusak iPhone karena partikel berasnya akan masuk ke dalam perangkat.

“Jangan masukkan iPhone Anda ke dalam sekantong beras. Melakukan hal itu dapat menyebabkan partikel kecil beras merusak iPhone Anda,” kata Apple melalui halaman dukungan. Selain beras, Apple juga menambahkan dua larangan lain.

Pengguna iPhone tidak boleh mengeringkan perangkat mereka menggunakan sumber panas eksternal atau udara bertekanan seperti hair dryer. Pengguna juga tidak boleh memasukkan tisu atau kapas saat ingin mengeringkan konektor.

Untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat dalam menggunakan beras untuk mengeringkan perangkat, Apple memberikan beberapa tahapan yang perlu dilakukan saat iPhone basah. Pertama, posisikan iPhone berdiri dengan konektor menghadap ke bawah.

Setelah itu, ketuk iPhone dengan lembut menggunakan tangan hingga seluruh cairan keluar dari lubang iPhone. Jika sudah, tinggalkan iPhone di tempat yang kering dengan aliran udara selama 30 menit. Jangan tinggalkan ponsel di teras yang terkena terik.

Setelah didiamkan selama 30 menit, coba untuk isi daya perangkatnya. Jika layar memberikan peringatan bahwa cairan masih ada, keringkan lagi iPhone di tempat yang kering dan memiliki aliran udara. Diamkan perangkat selama satu hari.

Jika sudah, Anda bisa mencoba untuk mengisi lagi dayanya. Namun, jika peringatan cairan masih terus muncul atau ponsel Anda mati total, Anda perlu menghubungi penyedia servis dan perbaikan iPhone karena komponen atau aksesorisnya mungkin rusak.