Leonardo Garap Proyek Cloud Militer Angkasa Pertama di Eropa
Leonardo, perusahaan milik negara Italia, (foto: x @CittaMetroRoma)

Bagikan:

JAKARTA - Leonardo, perusahaan milik negara Italia, mengumumkan pada Senin 19 Februari, bahwa Kementerian Pertahanan telah meminta untuk mempelajari pengembangan proyek arsitektur cloud militer angkasa, yang pertama di Eropa.

Proyek yang dikenal sebagai MILSCA akan menyediakan pemerintah Italia dan angkatan bersenjatanya dengan sistem komputasi, cloud, kecerdasan buatan (AI), dan kapasitas penyimpanan yang tinggi secara langsung di ruang angkasa.

Selama studi dua tahun, Leonardo akan bekerja sama dengan Telespazio dan Thales Alenia Space, dua usaha patungan antara grup pertahanan dan kedirgantaraan Italia dengan Thales dari Prancis.

Proyek ini sejalan dengan tujuan utama Leonardo untuk fokus pada industri antariksa dalam beberapa tahun ke depan - kunci untuk pertahanan dan keamanan di masa depan - dan mendirikan platform digital multi-domain terhubung, yang bertujuan untuk mendukung produk-produk tradisionalnya.

MILSCA akan menjamin akses pengguna ke data strategis seperti komunikasi, observasi bumi, dan data navigasi, di mana pun dan kapan pun.

Ini dapat memberikan kecepatan dan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam pemrosesan dan berbagi informasi, dengan penyimpanan data sebesar 100 Terabyte di Bumi dan di ruang angkasa di setiap satelit dan daya pemrosesan lebih dari 250 TFLOPS, atau 250 ribu miliar operasi per detik.

Dalam fase pertama studi, arsitektur akan didefinisikan, sementara dalam fase kedua akan dikembangkan sebuah "twin" digital.

"Dalam skenario multi-domain, manajemen, keamanan, dan pertukaran cepat jumlah data yang terus meningkat, sebagian besar di antaranya bersifat taktis, menjadi elemen-elemen strategis bagi pertahanan negara. Kami akan menjadi yang pertama di Eropa untuk mengembangkan proyek Cloud Angkasa...," kata Chief Innovation Officer Leonardo, Simone Ungaro, dalam sebuah pernyataan.