Letak Fitur Pembuat Kode QR dan Transmisi Layar di Chrome Versi Terbaru
Fitur Cast dan pembuat kode QR di Chrome (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Google membawa banyak perubahan saat Chrome berulang tahun yang ke lima belas pada akhir tahun lalu. Akibat dari perubahan tersebut, tombol transmisi dan pembuat kode QR berpindah tempat.

Jika Anda terbiasa dengan tampilan sebelumnya, Anda mungkin sedang mencari di mana letak tombol transmisi dan pembuat kode QR tersebut. Kedua tombol ini ada di Customize and Control sehingga pencariannya tidak begitu sulit.

Dahulu, kode QR bisa langsung dibuat hanya dengan mengeklik ikon di bilah alamat. Sekarang, Anda harus membuka Customize and Control atau ikon titik tiga terlebih dahulu. Setelah itu, cari menu Save and Share dan cari opsi Create QR Code.

Masih di menu yang sama, Anda akan melihat tombol Cast atau Transmisi. Dengan menggunakan fitur Cast, Anda bisa menyambungkan tampilan Chrome ke layar televisi. Pastikan televisi yang ingin disambungkan mendukung fitur Chromecast.

Meski ikon untuk fitur Cast sudah dipindahkan, ikon tersebut akan kembali terlihat di bilah alamat atau Omnibox saat Anda mengaktifkan fiturnya. Namun, tampilan ikonnya hanya sementara hingga Anda berhenti menggunakan fitur tersebut.

Menu Save and Share juga memiliki opsi baru, yaitu Send to Your Device. Fitur ini mirip dengan fitur Cast, hanya saja khusus untuk perangkat seluler atau laptop lainnya. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa berbagi tab secara real-time.

Meski pembaruan ini terlihat di perangkat komputer dengan sistem operasi (OS) macOS dan Windows, Google tidak mengubah tampilan Chrome di perangkat ChromeOS. Hingga saat ini, ikon Cast dan kode QR masih terlihat di Omnibox Chromebook.