Fokus dengan Tensor, Google Akhiri Pembaruan untuk Seri Pixel 4 dan 5
Google hentikan pembaruan di Pixel lama (foto: dok. Google)

Bagikan:

 JAKARTA – Pixel, ponsel pintar buatan Google, pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Selama bertahun-tahun, Google mengembangkan ponsel mereka dengan prosesor Snapdragon buatan Qualcomm.

Namun, penggunaan Snapdragon ini hanya bertahan selama lima tahun. Pada tahun 2021, tepatnya saat Pixel 6 dirilis, Google memutuskan untuk berhenti menggunakan Snapdragon dan beralih ke Tensor, prosesor buatan mereka.

Meski Google sudah merilis tiga seri Pixel dengan prosesor Tensor, perusahaan tersebut masih memberikan pembaruan ke seri Pixel 4 dan Pixel 5. Sayangnya, pembaruan untuk dua perangkat tersebut akan berakhir setelah Android 15 rilis.

Beberapa waktu lalu, Google mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Android 15 pada Maret mendatang. Pembaruan ini akan ditambahkan ke Pixel 6a, Pixel 6 dan 6 Pro, Pixel 7a, Pixel 7 dan 7 Pro, Pixel Fold, Pixel Tablet, serta Pixel 8 dan 8 Pro.

Pengumuman yang dibagikan di halaman Developer Preview ini mengonfirmasi bahwa seri Pixel 4 dan Pixel 5 tidak akan mendapatkan pembaruan lagi. Kabar ini tidak mengejutkan karena google hanya menjanjikan update selama lima tahun.

Seri Pixel 4 dan Pixel 5 sebenarnya memiliki beberapa masalah saat peluncuran. Google terlambat merilis Pixel 4a dan penjualan Pixel 4 dihentikan sebelum satu tahun penjualan. Sementara itu, Pixel 5 terasa seperti perangkat pengganti.

Setelah Pixel 6 diperkenalkan dengan Tensor, Google mulai memasuki babak baru. Perangkat mereka terasa lebih baik meskipun masih memiliki beberapa kekurangan. Sistem operasi (OS) ini terus dikembangkan hingga Pixel 8 muncul.

Saat ini, Google sedang fokus dengan terobosan Kecerdasan Buatan (AI) di sistem Tensor, mirip dengan rancangan Galaxy AI di Samsung. Meski seri Pixel 4 dan Pixel 5 belum genap lima tahun, masuk akal jika Google menghentikan pembaruannya lebih awal.