Berkenalan dengan Cip Tensor Bikinan Google, Wujud Keseriusan Google Bermain di Industri Ponsel
HP Google Pixel 6 (The Verge)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kemarin, Google resmi memperkenalkan dua produk terbaru Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Alih-alih menyampaikan berbagai informasi rinci seputar fitur, Google malah lebih fokus pada System on Chipset (SoC) terbaru bikinannya.

Oleh perusahaan, cip yang menurut CEO Sundar Pichai dikembangkan selama 4 tahun ini diberi nama Tensor. Mengutip The Verge, penamaannya terinspirasi dari pusat data Tensor Processing Units (TPU) milik perusahaan.

Banyak pihak menilai bahwa Tensor menjadi wujud dari keseriusan perusahaan dalam bermain di industri ponsel pintar. Pixel 6 dan 6 Pro layak disebut sebagai produk yang digarap lebih serius oleh perusahaan.

Hanya saja, di tengah persaingan cip yang makin canggih seperti saat ini, bagaimana Tensor bisa menjadi pembeda dibanding produk keluaran kompetitor?

Untuk mengulas pertanyaan tersebut, tim VOI rangkumkan informasi lebih dalam mengenai Tensor dari beberapa sumber.

Didukung Cip Keamanan Titan M2 dan TPU untuk Operasional AI

Perlu dicatat, Tensor merupakan SoC. BUkanlah prosesor tunggal. Dan meskipun disebut banyak pihak sebagai rancangan Google, belum pasti juga komponen apa aja yang benar-benar bikinan perusahaan dan mana yang hanya membeli lisensi dari pihak lain.

Meskipun begitu, ada dua komponen yang sudah dipastikan milik Google. Yakni TPU mobile yang berfungsi untuk pengoperasian Kecerdasan Buatan (AI) dan cip Titan M2 untuk bagian keamanan.

Sisanya -termasuk CPU, GPU, dan modem 5G, masih jadi misteri. Artinya, belum diketahui apakah bikinan Google sendiri atau hanya beli lisensi.

Akan tetapi, menurut penjelasan Chief Hardaware Google Rick Osterloh, cip bikinannya bakal jadi pemimpin pasar.

"Fitur standar yang terlihat bakal sangat kompetitif, sedangkan fitur AI akan menjadi pembeda [dengan produk lainnya]," terang Rick dikutip dari The Verge, Selasa, 3 Agustus.

Seperti SoC dari produsen lain, Google sudah menambahkan sejumlah teknologi berlisensi di dalamnya. Namun, cip Tensor dirancang khusus dengan tujuan untuk lebih meningkatkan ML (Machine Learning) dan AI (Artificial Intelligence) milik perusahaan.

Salah satu yang paling penting adalah, Tensor merupakan versi mobile dari Tensor Processing Unit. Diketahui, Google sudah lima tahun mengembangkan TPU untuk mengelola server miliknya.

TPU sendiri didedikasikan untuk melakukan tugas AI dan ML secara lebih efisiensi. Sehingga, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro bakal jadi ponsel pertama yang menjalankan SoC bikinan Google ini.