Bagikan:

JAKARTA - Sejak Google mulai membuat chipnya sendiri untuk smartphone dengan Pixel 6 pada tahun 2021, perusahaan ini telah bekerja sama dengan Samsung sebagai mitra manufakturnya. Situasi ini akan berlanjut dengan Pixel 9 yang akan dirilis akhir tahun ini, dengan chip Tensor G4 sebagai intinya.

Namun, status quo ini sudah terlihat akan berubah, dan pada bulan Mei lalu, ditemukan bukti yang menghubungkan raksasa fabrikasi chip TSMC dengan Tensor G5 yang diperkirakan akan debut bersama Pixel 10 pada tahun 2025. Menurut laporan baru dari The China Times, TSMC hampir siap memulai produksi Tensor G5.

Mengutip “sumber rantai pasokan,” laporan ini mencoba mengonfirmasi kesepakatan yang dibuat Google dengan TSMC, menandai keberangkatan dari pekerjaan Tensor sebelumnya dengan Samsung, sekaligus memberikan detail menarik bahwa produksi awal chip Tensor G5 hampir siap dimulai, karena desainnya telah mencapai tahap yang dikenal sebagai “tape-out.”

Chip yang berada pada tahap tape-out berada pada fase akhir dari desain awal sebelum fabrikator dapat mulai membuat sampel. Hanya setelah itu Google dapat menguji chip barunya pada silikon nyata, dan melakukan penyesuaian lebih lanjut pada desain yang diperlukan sebelum chip tersebut bebas dari bug dan siap untuk digunakan dalam Pixel 10.

Peralihan Google dari Samsung ke TSMC menjanjikan dampak yang signifikan karena beberapa alasan. Hingga saat ini, upaya Tensor Google sangat bergantung pada IP Samsung, membatasi sejauh mana Google dapat membedakan chip-chipnya. Dengan melakukan desain lebih mandiri atau melisensikan teknologi dari perusahaan lain, Google seharusnya lebih mudah menciptakan chip Tensor yang benar-benar berbeda dari yang lain.

TSMC juga membawa teknik fabrikasi canggihnya, dan meskipun laporan ini mengklaim bahwa Google akan memanfaatkan “proses 3nm terbaru” untuk Tensor G5, masih ada sedikit ketidakjelasan di sana. Google mungkin mendapatkan chip yang dibuat dengan proses N3E dari TSMC, dan meskipun itu akan baik-baik saja, perusahaan mungkin sudah siap dengan proses N3P yang sedikit lebih maju pada waktunya untuk kebutuhan Google. Untuk saat ini, detail tersebut masih belum pasti.

Ponsel Pixel selalu tentang pengalaman Android yang benar-benar Google, dan dengan Google benar-benar mengambil kendali desain chip dengan Tensor G5, Pixel 10 menjanjikan untuk menjadi ponsel Google yang paling murni sejauh ini