Google Tunda Peluncuran Chip Redondo untuk Smartphone Pixel Hingga 2025
Ilustrasi smartphone Google Pixels. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Alphabet Inc., induk dari Google telah menunda peluncuran chip sepenuhnya kustom untuk smartphone Pixel hingga tahun 2025. Hal ini dilaporkan oleh The Information pada Kamis, 6 Juli, mengutip dua orang yang akrab dengan masalah tersebut.

Google awalnya berencana untuk merilis chip tersebut, yang secara internal disebut Redondo, tahun depan untuk menggantikan chip semikustom yang saat ini mereka desain bersama Samsung Electronics.

Perusahaan teknologi tersebut juga akan beralih dari Samsung ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC)  untuk pembuatan chip, yang disebut Tensors.

Perusahaan manufaktur chip kontrak terbesar di dunia tersebut memiliki klien-klien seperti Apple  dan Nvidia. Namun Google dan TSMC tidak segera memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar dari Reuters.

Google akan tetap bekerja sama dengan Samsung selama setahun lagi dan akan menunggu hingga tahun 2025 untuk memperkenalkan chip desain sepenuhnya kustom yang disebut Laguna, menurut The Information.

Chip Laguna akan didasarkan pada proses manufaktur 3 nanometer dari TSMC, yang saat ini merupakan proses pembuatan chip paling canggih di dunia, tambah laporan tersebut.