Bagikan:

JAKARTA - Google dilaporkan sedang berupaya menggantikan Samsung dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk pengembangan chip Tensor G5-nya.

Perusahaan sebelumnya berencana untuk memperkenalkan chip pertama yang sepenuhnya disesuaikan atau desain chip semi-kustom untuk ponsel pintar Pixel pada 2024.

Namun, chip dengan nama kode Redondo itu menghadapi penundaan dan perubahan fitur dari desain Samsung, yang membuat Google mengambil keputusan untuk menyerahannya ke TSMC awal tahun ini.

Sebagai gantinya, Redondo akan digunakan sebagai chip uji untuk generasi berikutnya. Sekarang, Google tengah mempersiapkan System on Chip (SoC) anyar lainnya yang dijuluki Laguna, dan peluncuran akan dilakukan pada 2025.

Laguna, yang dicap sebagai Tensor G5 akan diproduksi menggunakan proses 3 nanometer (nm) canggih milik TSMC dan membawa teknologi Integrated Fan-Out, yang bisa menghasilkan dimensi lebih tipis dan peningkatan efisiensi daya.

TSMC dikenal sebagai pembuat chip kontrak terbesar di dunia yang melayani perusahaan teknologi besar seperti Apple dan Nvidia.

Dengan mengembangkan chip khusus, Google dapat mengintegrasikan perangkat lunak dan perangkat kerasnya secara lebih efektif, yang berpotensi membuka kemampuan serta efisiensi baru di perangkatnya.

Langkah tersebut sejalan dengan banyaknya perusahaan teknologi yang berusaha mengurangi ketergantungan pada pemasok chip, seperti dikutip dari Fone Arena, Jumat, 7 Juli.