Bagikan:

JAKARTA - CoinDCX, telah mengakuisisi perusahaan pesaingnya, BitOasis, untuk memperluas bisnisnya ke wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA). Langkah strategis ini diumumkan tanpa mengungkapkan jumlah transaksi.

Akuisisi ini menandai langkah pertama CoinDCX dalam mencapai tujuannya untuk melebarkan sayap di luar pasar India. CoinDCX telah mengumumkan rencana ekspansi globalnya awal tahun ini, dengan UAE dan pasar MENA dianggap sebagai basis yang tepat untuk memulai.

Akuisisi BitOasis oleh CoinDCX diharapkan dapat menguntungkan kedua perusahaan serta para penggunanya. Kesepakatan ini menjanjikan peningkatan penawaran produk dan memperkuat berbagai layanan mereka sesuai dengan regulasi lokal di kedua yurisdiksi.

Dalam pernyataan melalui email, BitOasis, yang telah diakui sebagai bursa terpercaya dan teregulasi di wilayah MENA, membawa banyak pengalaman dan reputasi yang kuat. Kedua perusahaan berencana membentuk kekuatan tangguh untuk bersaing dengan raksasa global seperti Binance dan Coinbase.

CoinDCX menyatakan bahwa BitOasis akan tetap melayani wilayah MENA sebagai entitas independen meskipun telah diakuisisi. Bursa tersebut tidak berencana mengintegrasikan BitOasis ke dalam penawaran yang ada maupun menggabungkan infrastruktur bisnis atau basis pelanggannya. Perusahaan ini akan tetap beroperasi dan menjalankan bisnisnya di bawah lisensi regulasi yang ada tanpa gangguan dari CoinDCX.

BACA JUGA:


CoinDCX menyadari potensi besar di MENA, di mana adopsi kripto terus meningkat, dan berencana mendukung BitOasis dalam mempertahankan posisinya di wilayah tersebut. BitOasis, yang berkantor pusat di Uni Emirat Arab (UEA), merupakan platform perdagangan kripto terbesar di wilayah tersebut, dengan sebagian besar pengguna aktif bulanan berasal dari UEA, Yordania, Arab Saudi, dan Mesir.

BitOasis baru-baru ini memperoleh lisensi produk minimum (MVP) dari Bank Sentral Bahrain (CBB) untuk menawarkan layanan kripto kepada pengguna di wilayah tersebut setelah lisensinya ditangguhkan pada 2023.

Lisensi tersebut disetujui oleh badan regulasi kripto yang baru dibentuk di Dubai, Otoritas Regulasi Aset Virtual (VARA), yang bertanggung jawab mengawasi aset digital di Emirat.

Dengan izin ini, perusahaan dapat beroperasi sebagai pialang-dealer di bawah kondisi regulasi ketat, memastikan bahwa operasi platform teregulasi dan mematuhi parameter hukum.

Meskipun telah diakuisisi oleh CoinDCX, perusahaan memastikan kepada pengguna bahwa dana mereka aman di BitOasis. Dikutip dari Coin Speaker, Sumit Gupta, salah satu pendiri CoinDCX, mengatakan kepada pengguna BitOasis bahwa akun mereka aman dan akan tetap di bawah bimbingan bursa. Gupta menjelaskan lebih lanjut bahwa dana dan data pribadi pelanggan akan dilindungi sesuai dengan kebijakan privasi BitOasis.

“Data pribadi pengguna akan tetap dilindungi sesuai dengan kebijakan privasi BitOasis serta hukum dan regulasi yang berlaku. Aset dan dana pengguna akan tetap terpisah sepenuhnya dan disimpan dengan aman sesuai dengan persyaratan regulasi yang berlaku,” katanya.