Google Pamer Seri Pixel 6, Dibekali Cip Tensor dan Tiga Kamera Canggih
Bocoran HP Google Pixel 6 (XDA Developers)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berkat para leakers, penggemar ponsel Google jadi tahu rencana perusahaan yang ingin memperkenalkan produk terbarunya. Tak tanggung-tanggung, raksasa teknologi Google bakal meluncurkan dua produk sekaligus tahun ini.

Dan setelah jadi misteri selama beberapa pekan, Google akhirnya mengkonfirmasi kehadiran dua produk terbarunya. Selain itu, perusahaan juga membagikan bocoran awal seputar desain, nama produk, perkiraan waktu rilis, dan masih banyak lagi.

Diberi nama Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, dua HP terbaru Google ini didukung sejumlah pembaruan. Salah satunya yakni mengandalkan cipset bikinan perusahaan sendiri, yakni Google Tensor.

Informasi tersebut dibagikan langsung oleh CEO Google Sundar Pichai lewat akun Twitter pribadinya. Dalam cuitan tersebut, Sundar turut mengungkapkan bahwa cipset Google Tonser merupakan System on Chipset (SoC) yang dikembangkan selama empat tahun.

"Sangat bersemangat untuk membagikan cipset terbaru bikinan kami Google Tensor, yang dikembangkan selama 4 tahun (?? Lama sekali)! Tensor dibangun berdasarkan pengalaman komputasi kami selama dua dekade dan ini adalah inovasi terbesar kami untuk Pixel hingga sekarang. Akan ada pada Pixel 6 + Pixel 6 Pro pada musim gugur nanti," tulis Sundar lewat Twitter.

Bocoran Spesifikasi Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Sayang Google enggan menyebutkan lebih rinci terkait spesifikasi dari dua perangkat tersebut. Hanya gambaran umum dari beberapa fitur inti yang ditanamkan.

Misal, saat perusahaan membicarakan desain Pixel 6 series, perusahaan menyebutnya dengan 'desain industrial'. Sedangkan untuk seri Pro, bakal memiliki 'kerangka alumunium yang lebih ringan' dan untuk non-Pro dilapisi 'matte alumunium'.

Berbeda dari pendahulunya, seri Pixel 6 dilapisi modul kamera berbentuk persegi panjang yang memenuhi bagian atas dari punggung perangkat. Sekilas, mirip seperti modul milik Poco M3. Tapi lebih tipis serta tampak elegan.

Untuk pertama kalinya, HP Pixel bakal didukung tiga kamera belakang. Terdiri dari kamera utama wide-angle, kamera sekunder ultra lebar, dan kamera telephoto.

FYI, kamera telephoto ponsel anyar ini menawarkan kemampuan 4x zoom optis. Jumlah yang lebih kecil dibandingkan bocoran dari aplikasi Google Camera.

HP Pixel 6 (XDA-Developers)

Hanya Dijual di 8 Negara Saja

Kali ini, penggemar Google di Indonesia bakal makin sulit untuk membeli seri Pixel 6. Berdasarkan temuan XDA-Developers, iklan kedua perangkat ini baru hadir pada situs resmi Google yang berada di delapan negara saja.

kedelapan negara itu antara lain Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Jepang, Taiwan, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Ya, India dan Indonesia sebagai dua pasar besar untuk smartphone hilang dari daftar.

Namun, perlu dicatat, ini adalah temuan XDA-Developers. Artinya, bukan informasi resmi dari perusahaan. Maka, masih ada harapan bahwa perusahaan bakal meluncurkan Pixel 6 seri ke lebih banyak negara. Barangkali, Indonesia pun akan termasuk nantinya.