Cara Mereset iPhone Agar Kembali ke Setelan Pabrik
 Cara mereset perangkat iPhone (foto: dok. unplash)

Bagikan:

JAKARTA – Seluruh perangkat memiliki pengaturan ulang pabrik, tak terkecuali iPhone. Dengan menggunakan fitur tersebut, ponsel akan direset hingga data dan aplikasi di dalamnya terhapus.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum perangkat diatur ke setelan pabrik, seperti mengingat kode sandi perangkat dan login ID Apple. Anda juga harus mengingat kata sandi ID Apple agar akunnya bisa digunakan kembali.

Langkah penting lainnya yang tidak boleh terlewati adalah mencadangkan seluruh data yang ada di iPhone Anda. Cadangan ini sangat berguna jika Anda ingin beralih ke perangkat baru atau mengatur ulang perangkat karena suatu masalah.

Terakhir, Anda perlu mengatur sistem autentikasi dua faktor (2FA) agar perangkatnya tidak terkunci saat ingin dibuka. Untuk memeriksa apakah sistem tersebut aktif, buka Pengaturan, lalu ketuk nama Anda untuk membuka pengaturan ID Apple.

Setelah itu, pilih Masuk dan Keamanan, kemudian buka menu Autentikasi Dua Faktor. Di menu tersebut, Anda bisa mengatur Kode Keamanan dan Nomor Telepon Tepercaya agar akun ID Apple Anda tidak terkunci saat dicoba di perangkat lainnya.

Jika seluruh tahapan sudah dilakukan, Anda bisa langsung mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuka Pengaturan, klik menu Umum, kemudian cari menu Transfer dan Atur Ulang iPhone.

Berikutnya, klik menu tersebut hingga terlihat pilihan untuk menyetel ulang perangkat. Jika Anda mereset iPhone karena ingin pindah ke iPhone baru, klik menu Memulai di bagian atas layar dan ikuti seluruh petunjuk yang diminta.

Namun, jika Anda ingin kembali ke setelan pabrik karena alasan lain, jangan klik Reset karena menu tersebut tidak akan menghapus data dan aplikasi iPhone sepenuhnya. Ketuk Hapus Semua Konten dan Pengaturan agar tidak ada data yang tersisa.