Waspada <i>Stalkerware</i> di Ponsel Anda, Begini Cara Mengatasinya
Stalkerware, aplikasi penguntit yang membahayakan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia telekomunikasi yang semakin maju saat ini, semakin mudah bagi seseorang mengetahui profil orang lain. Melalui aplikasi Zenly contohnya, kita mampu mengetahui posisi orang lain dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Ada pula aplikasi yang disebut lebih berbahaya yakni Stalkerware. Ini merupakan software pemantau yang digunakan sebagai cyberstalking. Software ini mempermudah penjahat untuk mengakses data pribadi. Software ini tentu berbahaya jika digunakan orang yang tidak tepat.

Untuk mengantisipasi agar software ini tidak mengeksploitasi kita perlu diperhatikan beberapa hal, tentang malware ini

Ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan jika terdapat stalkerware di ponsel anda. Seperti, baterai ponsel cepat habis, ponsel jadi mudah panas, adanya perubahan pengaturan lokasi, dan pemberitahuan yang tidak biasa.

Jika Anda merasakan ciri-ciri yang disebutkan tadi, maka sebaiknya anda cepat-cepat untuk menangani hal tersebut.

Ada tiga cara utama untuk menghapus stalkerware dari ponsel. Anda dapat mencoba salah satunya jika menemukan ciri-ciri tersebut di ponsel Anda.

  1. Lakukan Reset ke setelan Pabrik pada Perangkat

Tidak perlu ragu untuk mereset ponsel Anda ke setelan pabrik jika benar-benar terdapat stalkerware di ponsel Anda. Langkah ini berguna untuk mengembalikan ponsel Anda ke keadaan normal.

Namun, jangan lupa untuk mencadangkan semua data penting yang ada di ponsel sebelum mereset ulang. Anda bisa mencadangkannya menggunakan layanan cloud, atau google drive.

Dengan mereset ke setelan pabrik, Anda akan menghapus semua aplikasi non-default termasuk menghapus semua stalkerware.

  1. Perbarui Sistem Operasi Anda

Ada beberapa stalkerware yang hanya dirancang untuk versi sistem operasi yang lama, jadi memperbarui OS dapat menonaktifkan stalkerware tertentu yang diinstal pada perangkat kita.

Metode ini tidaklah menjamin penghapusan, karena bisa jadi stalkerware dapat terus beroperasi bahkan setelah pembaruan OS. Namun, jika ada pembaruan yang tersedia, itu dapat membantu menonaktifkan perangkat penguntit apa pun di ponsel Anda.

  1. Gunakan Aplikasi Penghapusan Deteksi Spyware

Karena stalkerware adalah jenis spyware, Anda dapat menggunakan aplikasi pendeteksi dan penghapus spyware untuk menghilangkannya di ponsel.

Aplikasi anti-spyware bekerja dengan mendeteksi malware, ransomware, atau stalkerware di perangkat Anda, serta ancaman keamanan lainnya.

Aplikasi itu juga dapat mencegah penginstalan stalkerware apa pun di perangkat jika seseorang mencoba menginstalnya saat Anda sudah mengaktifkan aplikasi anti-spyware.

Ada beberapa aplikasi anti-spyware yang bagus saat ini. Misalnya buatan Norton, McAfee, Bitdefender, dan Avira. Namun, banyak dari aplikasi ini memiliki harga lumayan mahal. Jadi ada baiknya jika Anda menentukan mana yang memberi keuntungan paling besar sebelum mendaftar dan memakainya.