Ini Cara Sederhana Lindungi Diri Anda dari Aplikasi <i>Spyware</i>
Spyware saat ini menjadi musuh utama pengguna ponsel di dunia. (foto: apple)

Bagikan:

JAKARTA - Sangat penting bagi pengguna ponsel untuk melindungi diri mereka dari orang lain yang dapat merekam setiap gerakan mereka melalui aplikasi spyware. Aplikasi ini dapat melakukan sejumlah hal berbahaya, termasuk merekam panggilan telepon atau penekanan tombol.

Mereka juga terkadang dapat melacak lokasi pengguna atau mengunggah foto mereka. Sementara aplikasi spyware mengumpulkan informasi yang berbeda, semuanya memiliki tujuan yang sama untuk mempelajari pengguna dan berpotensi untuk digunakan dengan cara yang jahat.

Stalkerware adalah bagian dari spyware yang sangat berbahaya. Ini sering dipasang di perangkat orang lain dan dipantau dari jarak jauh, biasanya tanpa sepengetahuan pengguna. Stalkerware dapat digunakan oleh pasangan intim, dengan beberapa aplikasi mencap diri mereka sebagai cara yang baik untuk menangkap pasangan yang selingkuh.

Mereka secara teoritis dapat memantau semua yang ada di ponsel pengguna termasuk teks dan email. Perangkat lunak stalkerware dapat disamarkan sebagai aplikasi yang sah baik yang diunduh oleh pengguna atau bahkan diinstal dari jarak jauh melalui aplikasi messenger atau yang serupa.

Sebuah artikel terbaru dari The New York Times menawarkan beberapa tip bermanfaat tentang bagaimana pengguna dapat melindungi diri mereka sendiri dari stalkerware secara khusus, meskipun saran tersebut juga bermanfaat bagi mereka yang ingin menghindari spyware secara umum. Ini menyoroti betapa mengkhawatirkannya aplikasi ini ketika digunakan oleh pasangan intim khususnya, seringkali sebagai cara untuk memata-matai atau mengawasi seseorang tanpa sepengetahuan mereka.

Cara Melindungi Perangkat Anda

Ada beberapa cara pengguna dapat melindungi diri mereka sendiri. Pertama, mereka dapat mencari perilaku yang tidak biasa, seperti baterai mereka mati lebih cepat dari biasanya. Ini bisa menunjukkan ada aplikasi spyware yang berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk memindai perangkat dengan program seperti MalwareBytes, Certo, NortonLifeLock, dan Lookout. Selain itu, pengguna dapat memeriksa pengaturan aplikasi mereka untuk melihat apakah perangkat lain memiliki akses ke sana.

Dalam hal keamanan Internet secara umum, adalah bijaksana untuk sering mengubah kata sandi dan kode sandi. Juga, cobalah untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama di seluruh akun, meskipun mungkin menggoda.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan otentikasi dua faktor. Bahkan jika seseorang mendapatkan kata sandi, mereka tidak akan masuk tanpa kode. Terakhir, pengguna harus secara teratur memperbarui semua aplikasi dan ponsel mereka untuk memastikan mereka menggunakan fitur keamanan terbaru.

Mengikuti semua langkah ini tidak akan menjamin spyware tidak akan masuk ke ponsel seseorang, tetapi mudah-mudahan mereka akan mengurangi risiko terjadinya hal itu.