Gudangnya Spyware, Hati-Hati dengan Aplikasi Telegram Mod!
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan dengan fitur yang kaya, tetapi terbatas oleh akses Premium sehingga beberapa pengguna berusaha menempuh jalur yang ilegal.

Demi mengakses fitur tidak terbatas, beberapa pengguna rela mengunduh versi mod. Padahal, bentuk aplikasi yang satu ini sangat berbahaya dan bisa mengirimkan berbagai jenis malware untuk mengeksploitasi penggunanya.

Mod atau modifikasi aplikasi merupakan perangkat lunak yang telah diubah untuk ditingkatkan fungsinya. Biasanya, perusahaan tidak suka dengan ide modifikasi ini hingga mereka berupaya menindak tegas para pembuat versi mod.

Tindakan perusahaan ini sebenarnya bagus karena versi mod merupakan incaran penjahat siber. Mengutip dari Makeuseof, Kaspersky sempat mengumumkan pada September lalu bahwa mod dari Telegram banyak mendistribusikan malware.

Versi mod ini biasanya perlu dicari di browser, tetapi beberapa mod Telegram justru muncul di Google Play. Aplikasi ini menggunakan gambar Telegram dan diiklankan sebagai versi Telegram yang lebih cepat dan ringan, tetapi bahasa yang digunakan adalah China.

Aplikasi ini mungkin terlihat sama, tetapi kodenya jelas berbeda. Siapa pun yang mengunduhnya bisa dimata-matai oleh pembuatnya. Semua informasi di ponsel pengguna mulai dari kontak, pesan, file, hingga nomor telepon bisa dimiliki oleh pengembangnya.

Mod ini jelas bagian dari spyware. Kaspersky pun berpendapat bahwa GREF, kelompok peretas siber berada di balik kejahatan ini. Kelompok ini dituding berhubungan dengan pemerintah China.

Meski aplikasi palsu ini telah dihapus oleh Google Play Store dan Samsung Galaxy Store, masih banyak aplikasi mod lainnya yang berbahaya dan perlu dihindari agar informasi Anda tetap aman.

Pastikan untuk tetap mengunduh dari platform yang sah, bahkan jika Anda ingin mengunduh versi mod sekalipun. Sebelum mengunduh, cari tahu terlebih dahulu pengembang dari aplikasi yang ingin diunduh.

Setelah mencari tahu pengembangnya, periksa peringkat dan ulasan dari aplikasi tersebut untuk tahu keamanannya. Jangan mengunduh dari toko apikasi pihak ketiga atau situs web acak yang tidak diketahui kredibilitasnya.

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi keamanan. Pastikan untuk mengikuti seluruh tahapan ini agar aplikasi mod yang terinfeksi spyware tidak Anda gunakan.