Kaspersky Perkenalkan TinyCheck, Alat Open Source untuk Deteksi Perangkat Stalkerware
Hati-hati meromantisasi penguntittan digital (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang memiliki hobi nonton, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan serial Netflix berjudul You. Serial televisi bergenre thriller ini menceritakan Joe Goldberg, seorang pemuda obsesif yang kita tahu bahwa ia hobi menguntit seseorang.

Perilaku Joe dinilai dapat menimbulkan masalah serius tentang masalah penguntitan yang tidak dapat diterima baik online maupun offline di tengah masyarakat.

Stalkerware

Bentuk umum penguntitan digital disebut stalkerware, perangkat lunak yang tersedia secara komersial yang dapat diinstal secara terpisah pada perangkat ponsel cerdas.

Seiring dengan teknologi lainnya, stalkerware sering digunakan dalam hubungan yang tidak sehat, yang memungkinkan pelaku untuk memantau kehidupan pribadi seseorang tanpa sepengetahuan mereka.

Menurut data dari Kaspersky, setidaknya ada 29.312 orang di seluruh dunia terpengaruh oleh stalkerware pada tahun 2022. Kasus ini menunjukkan bahwa stalkerware adalah fenomena global yang memengaruhi semua masyarakat.

Coalition Against Stalkerware bahkan memperkirakan bahwa penggunaan bentuk perangkat lunak ini di seluruh dunia dapat mendekati satu juta kasus setiap tahunnya.

“Terlepas dari apakah itu terjadi secara online atau digital, dan stalkerware adalah bentuk kekerasan,” kata Christina Jankowski, Senior External Relations Manager di Kaspersky dalam pernyataannya.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang stalkerware, Kaspersky berkerja sama dengan WESNET, Layanan Kekerasan Rumah Tangga dan Keluarga Spesialis Wanita di Australia dan Coalition Against Stalkerware untuk berbagi wawasan dengan komunitas dunia maya global dan membantu berbagai organisasi dalam perang melawan penguntit digital.

Pada tahun 2019, Kaspersky bersama sembilan perusahaan dan organisasi lainnya mendirikan Coalition Against Stalkerware, dengan misi meningkatkan deteksi stalkerware, memerangi kekerasan dalam rumah tangga, mengampanyekan berbagi pengetahuan di antara organisasi dan perusahaan nirlaba, serta meningkatkan kesadaran publik tentang masalah tersebut.

Solusi keamanan Kaspersky ini diklaim dapat melindungi pengguna dari stalkerware, dengan memindai perangkat secara teratur, dan menampilkan peringatan jelas yang sesuai, termasuk tindakan yang disarankan, jika terdeteksi.

Selain itu, Kaspersky telah mengembangkan alat sumber terbuka gratis, TinyCheck, yang memungkinkan pendeteksian perangkat stalkerware dengan cara sederhana, cepat, dan non-invasif pada perangkat yang terpengaruh tanpa memberi tahu pelakunya.

Perlu dicatat bahwa TinyCheck ini aman digunakan karena sistem tidak akan membaca konten komunikasi personal (seperti SMS atau email). TiniCheck hanya akan berinteraksi dengan server/IP online yang terhubung ke perangkat pintar.

Terkait