Laporan Kaspersky Mengonfirmasi Keterkaitan <i>Stalkerware</i> dengan Kekerasan <i>Online</i> dan <i>Offline</i>
Stalkerware adalah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk memata-matai kehidupan pribadi orang lain. (Foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Laporan baru Kaspersky berjudul “The State of Stalkware in 2021” menganalisis penggunaan stalkerware di seluruh dunia, dengan tujuan untuk lebih memahami ancaman yang ditimbulkannya.

Stalkerware adalah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk memata-matai kehidupan pribadi orang lain menggunakan perangkat pintar. Stalkerware telah mempengaruhi lebih dari 32.000 pengguna seluler Kaspersky secara global tahun lalu.

Stalkerware sering digunakan dalam hubungan yang kasar. Penelitian telah mengidentifikasi keterkaitan langsung antara kekerasan online dan offline, sehingga menjadikan isu ini semakin penting untuk ditangani secara komprehensif.

Menurut laporannya, Kaspersky telah menyaksikan penurunan signifikan pada pengguna yang terpengaruh dibandingkan dengan data Kaspersky sejak 2018, dan penurunan 39 persen pada tahun 2020, penting untuk digaris bawahi bahwa statistik ini hanya mewakili puncak gunung es semata.

Menurut perkiraan kasar dari Coalition Against Stalkerware, penggunaan stalkerware bisa mendekati satu juta kasus, secara global, setiap tahun.

Dengan membandingkan hasil penelitian ini dengan hasil survei Digital Stalking yang dilakukan pada akhir tahun 2021, mudah untuk melihat hubungan antara kekerasan online dan offline.

Setidaknya 24 persen orang yang disurvei mengonfirmasi telah mengalami penguntitan menggunakan teknologi, dan 25 persen lainnya dikonfirmasi pernah mengalami kekerasan atau pelecehan dari pasangannya. Kami juga menemukan korelasi yang sama di sebagian besar negara tempat survei dijalankan.

Dua organisasi nirlaba yang turut berpartisipasi dalam laporan dan berbagi pengalaman mereka dengan para korban, NNEDV yang berbasis di AS (Jaringan Nasional untuk Mengakhiri Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dan WWP EN (Jaringan Eropa untuk pemantauan Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga) mengonfirmasi bahwa penyalahgunaan yang didukung oleh teknologi adalah masalah yang kian berkembang.

“Teknologi TIK adalah alat yang ampuh bagi pelaku yang menggunakan kontrol paksaan, terutama dalam hubungan di mana kekerasan sudah hadir secara offline” tulis Berta Vall Castelló dan Anna McKenzie dari WWP EN.

Selain itu, menurut Toby Shulruff dari proyek Safety Net NNEDV ada tingkat pertumbuhan perangkat pintar termasuk asisten rumah tangga, peralatan yang terhubung, dan sistem keamanan yang terhubung ke jaringan WiFi dan ponsel cerdas yang digunakan dalam kekerasan pasangan intim. Sementara stalkerware adalah masalah umum, di luar sana masih ada banyak alat lain yang tersedia untuk penyalahgunaan teknologi.

Stalkerware terus memengaruhi korban di seluruh penjuru dunia. Kaspersky telah mengidentifikasi pengguna yang terpengaruh di lebih dari 185 negara dan wilayah.

Rusia, Brasil, Amerika Serikat, dan India menjadi empat negara teratas dengan jumlah pengguna unik terbesar yang teridentifikasi. Jerman adalah satu-satunya negara Eropa dalam 10 negara yang terkena dampak paling besar.

Edisi laporan 'State of Stalkerware' ini juga memberikan gambaran umum tentang negara-negara yang paling terpengaruh di tingkat regional, dengan statistik Kaspersky untuk Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, Eropa Timur (kecuali negara-negara Uni Eropa), Rusia dan Asia Tengah, dan kawasan Asia Pasifik.