Cara Menjadikan Laman Web Mozilla Firefox Sebagai Dokumen PDF
Ilustrasi Photo Mozilla Firefox (foto: dok. IST)

Bagikan:

JAKARTA - Mozilla Firefox bukan sekadar soal menjelajah internet, tetapi pengguna juga dapat menyimpan sebuah laman web sebagai Portable Document Format (PDF) dengan mudah.

Ini berguna sebagai kebutuhan presentasi dan lainnya.  Mozilla menambahkan fitur ke Firefox untuk Android baru-baru ini.

Firefox klasik untuk Android sebenarnya sudah mendukung fitur penyimpanan laman web ke PDF. Mozilla memulihkan fungsionalitas di Firefox baru untuk Android, yang dirilis beberapa waktu lalu.

Sekarang, penyimpanan PDF asli tersedia pada Firefox Stable untuk Android. Fiturnya memang agak tersembunyi dan mungkin saja diabaikan oleh banyak pengguna browser seluler.

Namun jangan khawatir karena berikut di bawah ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menggunakannya.

Cara Menjadikan Laman Web Mozilla Firefox Sebagai Dokumen PDF

1. Buka halaman web yang ingin Anda simpan ke file PDF.

2. Pilih Menu Firefox klik ikon Bagikan.

3. Aktifkan opsi Simpan sebagai PDF.

4. Pilih tombol unduh. Lalu buka setelah unduhan selesai.

5. Firefox menyimpan semua dokumen ke folder Unduhannya.

6. Anda dapat mengaksesnya dari dalam peramban web dengan memilih Menu Firefox klik Unduhan, atau menggunakan peramban berkas apa pun yang terpasang di perangkat Android.

Sebagai informasi, Firefox bukan satu-satunya browser seluler yang mendukung penyimpanan halaman web sebagai dokumen. Browser berbasis Chromium seperti Google Chrome atau Brave mendukung fitur serupa melalui menu Bagikan. Demikian dikutip dari GHacks, Rabu, 28 Desember.