Susul Vivaldi, Mozilla Juga Buat Server Terintegrasi Khusus dengan Mastodon
Mozilla buat server terintegrasi dengan Mastodon (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mozilla, pembuat browser Firefox mengumumkan pembuatan instance Mastodon, salah satu server yang terdesentralisasi, tempat jaringan sosial berada pada awal 2023 mendatang. 

Server ini akan tersedia untuk pengujian publik awal tahun depan. Tidak tahu kapan server akan dirilis secara luas, namun dapat dipastikan Anda bisa mendaftar akun di mozilla.social

"Pada awal 2023, Mozilla akan berdiri dan menguji contoh yang dapat diakses publik di Fediverse di Mozilla.Social," kata Steve Teixeira, chief product officer di Mozilla dalam pengumuman di blognya. 

Menurut Mozilla, layanan sosial yang terbuka, terdesentralisasi, dan global yang mengutamakan kebutuhan orang tidak hanya mungkin, tetapi juga mutlak diperlukan. 

Instance Mastodon mirip dengan penyedia layanan email, di mana semua pengguna harus bergabung dengan satu instance, tetapi dapat berkomunikasi dengan pengguna di instance lain setelah mereka bergabung.

Mozilla bukannya browser pertama yang membuat instance khusus Mastodon, sebelum Vivaldi telah lebih dulu membuatnya dengan Vivaldi Social

Di sisi lain, di tengah drama yang terus berlanjut dengan Twitter dan CEO barunya, Elon Musk, Mastodon mengalami peningkatan pengguna aktif yang signifikan. 

Mastodon, platform media sosial terdesentralisasi yang banyak digunakan sebagai alternatif Twitter, basis penggunanya kini meroket dari sekitar 300.000 pengguna aktif bulanan menjadi 2,5 juta antara Oktober dan November.

Meski demikian, Mastodon bukan satu-satunya platform pengganti Twitter. Ada aplikasi  Post,  yang dipimpin oleh mantan CEO Waze, Noam Bardin, kemudian aplikasi Hive, yang baru-baru ini diluncurkan kembali setelah berurusan dengan beberapa masalah keamanan. Ada pula  platform sosial yang sudah dikenal seperti Discord, Tumblr, dan Reddit.