Ini Sepuluh Cuitan di Twitter yang Paling Mempengaruhi Dunia Kripto Sepanjang 2022
Bitcoin banyak mewarnai cuitan di Twitter. (foto: twitter @bitcoin)

Bagikan:

JAKARTA - Satu tahun lagi sudah dilalui mata uang kripto. Seperti biasa, Twitter telah menjadi sarang percakapan terkait kripto selama tahun yang penuh gejolak. Dari keruntuhan Terra dan kebangkrutan FTX hingga pengambilalihan Twitter oleh Elon Musk, tahun 2022 telah memainkan drama  yang membuat orang-orang tetap setia menonton episode yang penuh kejutan.

Tweet dapat bertindak seperti kapsul waktu dari masa lalu, menawarkan kenangan atau mendokumentasikan sejarah tertentu. Berikut adalah 10 tweet yang berkesan dari tahun 2022, versi Cointelegraph.

Terra Runtuh

Ruang crypto mengalami beberapa pukulan tahun ini, dan di antaranya adalah runtuhnya proyek Terra. Terra memulai tahun 2022 sebagai proyek umum di industri crypto, dengan aset LUNA-nya berada di 10 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar pada awal tahun.

Namun, pada bulan Mei, proyek tersebut runtuh, didorong oleh fakta bahwa stablecoin terkaitnya, TerraUSD (UST), benar-benar kehilangan pasaknya terhadap dolar AS. Meskipun tahun itu menyertakan banyak tweet terkait tontonan tersebut, tweet di bawah dari kepala proyek mendokumentasikan bagian dari rangkaian acara tersebut.

Pemilik baru Twitter Fokus pada Dogecoin

CEO Tesla Musk kadang-kadang mencoba-coba ruang crypto, sering mengungkapkan minatnya pada Dogecoin. Pada bulan Oktober, dia membeli Twitter, menjadikan dirinya sebagai CEO, dan mulai membuat perubahan signifikan pada perusahaan. Pertukaran Crypto Binance telah berinvestasi di Twitter era Musk, dengan memberikan 500 juta dolar AS ke raksasa media sosial.

Three Arrows Capital Jatuh

Perusahaan signifikan lainnya yang turun adalah Three Arrows Capital, atau 3AC. Setelah dana lindung nilai bernilai miliaran dolar, 3AC mengajukan kebangkrutan pada bulan Juli, yang tampaknya sebagian dipengaruhi oleh jatuhnya Terra.

Sepanjang tahun, penularan telah menjadi faktor signifikan dalam ruang crypto. Ketika satu perusahaan melakukan gebrakan dengan cara yang negatif, efek riaknya sering dirasakan oleh pemain lain.

FTX Bangkrut

FTX, pemain utama lainnya di ruang crypto, juga bangkrut pada tahun 2022. Dipimpin oleh mantan CEO Sam "SBF" Bankman-Fried, pertukaran kripto ini berakhir pada posisi di mana mereka tidak memiliki cukup dana untuk membayar utangnya.

Dengan perincian yang muncul setelah keruntuhan, seperti kesalahan penanganan dana entitas Alameda Research, berita utama terkait FTX telah mendominasi kripto akhir tahun ini, termasuk pengajuan kebangkrutan perusahaan pada bulan November dan beberapa dengar pendapat pemerintah Amerika Serikat terkait dengan bursa ini. Atas permintaan pemerintah AS, SBF ditahan oleh otoritas Bahama pada Desember ini.

Penggabungan Ethereum

Ethereum secara resmi melakukan transisi yang sangat dinantikan ke blockchain proof-of-stake pada bulan September, membawa konsensus proof-of-work untuk menutup salah satu blockchain crypto yang paling umum. Co-creator Ethereum, Vitalik Buterin men-tweet pada 15 September bahwa acara tersebut telah selesai.

Setelah Penggabungan, blockchain Ethereum menunjukkan peningkatan terkait dengan produksi blok, membutuhkan lebih sedikit waktu untuk verifikasi blok dan melihat peningkatan jumlah blok yang diproduksi setiap hari. Peningkatan besar berikutnya dari blockchain Ethereum, Shanghai, diperkirakan akan terjadi pada tahun 2023 dan akan membuka kunci Ether dipertaruhkan di Beacon Chain.

Peraturan

Lima tweet terakhir dalam daftar ini tidak terlalu fokus pada peristiwa besar karena mereka hanya melihat tempat menarik yang terkait dengan ruang crypto, dibuktikan dalam bentuk tweet. Yang ini dari Senator A.S. Cynthia Lummis menyoroti regulasi crypto, topik yang semakin populer di industri tahun ini.

Harga Bitcoin   

Bitcoin mengalami tahun yang sulit, turun dari hampir 50.000 dolar AS menjadi di bawah 20.000 dolar AS , menurut indeks harga BTC Cointelegraph. Meskipun advokat emas Peter Schiff secara historis menghancurkan Bitcoin, harga yang dia sebutkan dalam tweet 20 Januari tampaknya tidak masuk akal jika dilihat ke belakang. Tetapi apakah harga Bitcoin akan terus turun lebih jauh, atau apakah yang terburuk sudah berakhir? Jawabannya kemungkinan akan datang pada tahun 2023.

Tanda Perhatian Utama crypto

Pada bulan Maret, sebelum sebagian besar bearish tahun ini, bintang Liga Sepak Bola Nasional Tom Brady men-tweet tentang kekagumannya pada Buterin — tanda perhatian dan pertumbuhan arus utama crypto.

Masih Pendukung Bitcoin

Salah satu pendiri dan ketua eksekutif MicroStrategy, Michael Saylor, telah menjadi wajah dari pengejaran akuisisi Bitcoin perusahaan, yang menyebabkan MicroStrategy memegang lebih dari 100.000 BTC. Sejak mengubah aset menjadi bullish, Saylor sering berbicara positif tentang Bitcoin. Peristiwa tahun 2022 tampaknya tidak menghalangi dia dari cryptocurrency, berdasarkan tweet bulan Desember di bawah ini.

Tweet Sederhana dari Penduduk Asli Industri

Sejak awal, industri crypto kadang-kadang menyerupai rollercoaster, pasang surut. Anthony Pompliano, seorang tokoh terkenal di ruang crypto, men-tweet sinar positif di akhir tahun untuk menutup daftar dengan nada positif.