5 Tips Gunakan Google Maps Saat Pergi Liburan Natal dan Tahun Baru
Google Maps dapat digunakan secara offline. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Selama musim liburan Natal dan Tahun Baru, perjalanan meningkat secara signifikan. Jika Anda berencana untuk mengejar penerbangan atau menghabiskan beberapa jam di jalan, Anda perlu menggunakan Google Maps untuk membantu menavigasi Anda.

Banyak yang bisa dilakukan dengan salah satu aplikasi peta milik Google itu, yang pastinya untuk membantu untuk mempermudah perjalanan, mulai dari berkeliling bandara dengan cepat hingga menggunakan aplikasi Maps secara offline.

Untuk itu, intip beberapa fitur terbaik aplikasi yang berguna bagi para pelancong di bawah ini.

1. Menavigasi Bandara dan Stasiun Kereta

Jika Anda perlu menemukan toko dengan cepat di mal besar atau saat Anda sedang berada di tempt transit, Google Maps memperluas tab Directory untuk semua bandara, mal, dan stasiun transit. Ini dapat membantu saat Anda berkeliling bandara mencoba untuk mencari tempat makan atau membeli oleh-oleh di saat-saat terakhir sebelum mengejar penerbangan Anda.

Tab tersebut akan memberi tahu Anda jam buka tujuan dan di lantai berapa. Anda dapat melihat-lihat restoran, toko, lounge, dan tempat parkir.

2. Lihat Sibuknya Tempat Hiburan

Untuk mengetahui tingkat kesibukan suatu tempat, lihat alat pemantau kesibukan milik Google Maps (Busyness). Dengan ini, Anda sudah dapat menelusuri lokasi, seperti bisnis, untuk melihat bagan yang menunjukkan seberapa padatnya lokasi tersebut secara real-time.

3. Rencanakan Perjalanan dengan Google Maps

Google Maps dapat memetakan perjalanan liburan Anda, tetapi juga dapat dengan cepat menampilkan pemesanan penerbangan, hotel, persewaan mobil, dan restoran Anda, sehingga Anda tidak perlu repot mencari melalui email untuk waktu check-in dan nomor konfirmasi.

Caranya, buka Google Maps, klik tab Saved di baris menu bawah, kemudian pilih Reservations.

4. Buat Reservasi Restoran

Merencanakan makan malam bersama rombongan besar untuk liburan bisa merepotkan, terutama saat Anda pergi pada jam sibuk. Google Maps dapat membantu Anda memesan reservasi makan siang atau makan malam. Begini caranya.

Buka Maps, klik tombol Restaurants di bagian atas peta untuk melihat daftar tempat makan. Pilih restoran, kemudian Anda dapat memesan meja atau bergabunglah dengan daftar tunggu.

5. Gunakan Google Maps Offline

Jika Anda berada di tempat yang tidak memiliki sinyal atau ingin menghemat baterai ponsel Anda, Google Maps tetap dapat memberikan petunjuk arah saat Anda offline.

Sebelum Anda keluar aplikasi, telusuri di Maps untuk lokasi yang Anda inginkan petunjuk arahnya. Di jendela lokasi, tarik menu di bagian bawah. Gulir ke kanan melalui tab dan ketuk Download, lalu di jendela berikutnya ketuk Download lagi.

Kemudian, Maps akan mengunduh peta ke ponsel Anda untuk area yang Anda pilih. Sekarang, saat Anda menggunakan Google Maps untuk petunjuk arah di area yang Anda unduh petanya, saat Anda kehilangan koneksi seluler, Maps akan beralih ke peta offline untuk memandu Anda.

Melansir CNET, Rabu, 21 Desember, perlu dicatat, karena Anda offline, Google Maps tidak dapat menawarkan info lalu lintas secara real-time.