Begini Cara Melihat Riwayat Perjalanan dan Jumlah Waktu yang Diperlukan di Google Maps
Cara melihat riwayat perjalanan di Google Maps (foto: Google Maps)

Bagikan:

JAKARTA - Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google sejak tahun 2005 silam.  Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum. 

Google Maps menawarkan banyak fitur, membuatnya menonjol dari aplikasi pesaing yang mirip. Salah satu fitur menarik di Google Maps adalah Timeline. 

Timeline Google Maps adalah salah satu fitur penting platform, memungkinkan Anda untuk melihat tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi di masa lalu dan rute yang Anda gunakan untuk sampai ke sana.

Cara Melihat Riwayat Lokasi Google Maps Anda

Fitur Timeline memanfaatkan ini memberi Anda cara untuk memeriksa riwayat lokasi Anda. Namun sebelum itu, hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengaktifkan Riwayat Lokasi akun Google Anda untuk menggunakan fitur tersebut. 

Dengan mengaktifkan Riwayat Lokasi, Anda dapat melihat negara, kota, dan tempat lain seperti restoran, mal, dan lain sebagainya, yang pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Untuk memeriksa apakah Anda sudah mengaktifkan fitur Riwayat Lokasi, Anda dapat mengikuti cara ini.

  1. Buka Google Maps
  2. Ketuk ikon profil atau huruf Anda di kanan atas.
  3. Pilih Data Anda di Maps dari menu pop-up.
  4. Jika Anda melihat Nyala di bawah Riwayat Lokasi, artinya Anda telah mengaktifkannya.
  5. Jika tidak, Google akan membawa Anda ke halaman tempat Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan mengetuk Aktifkan. 

Jika Anda baru saja mengaktifkan Riwayat Lokasi saat ini, dan Anda menghapus data sebelumnya untuk melindungi privasi Anda di Google Maps, tidak akan ada apa pun di Linimasa Anda.

Cara Melihat Timeline Google Maps Anda

Jika Anda sudah mengaktifkan Riwayat Lokasi sejak lama, Anda dapat melihat tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi di aplikasi Google Maps dengan cara ini. 

  1. Masuk Google Maps
  2. Ketuk ikon profil atau huruf Anda di kanan atas.
  3. Pilih Timeline Anda dari menu pop-up. Google akan membutuhkan beberapa detik untuk memuat halaman Timeline.

Halaman Timeline akan menampilkan riwayat lokasi hari ini dan memberikan data tambahan tentang bagaimana Anda pergi kesana dan waktu yang dihabiskan. 

Jika Anda ingin melihat perjalanan Anda sebelumnya, pilih tab Perjalanan di bagian atas. Google akan menunjukkan kepada Anda jumlah perjalanan yang telah Anda lakukan, berapa lama perjalanan itu, dan pada bulan dan tahun apa. 

Jumlah data di Riwayat Lokasi Google Maps Anda bergantung pada berapa lama fitur Riwayat Lokasi diaktifkan di akun Anda.