5 Aplikasi untuk Cek Kemacetan Lalu Lintas saat Liburan dan Lebaran
Aplikasi untuk cek kemacetan lalu lintas (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat bepergian di hari libur, Anda harus bersiap untuk menghadapi kemacetan di jalan. Lalu lintas di jalan akan ramai ketika momen liburan, seperti libur Natal dan tahun baru, lebaran, maupun long weekend. Untuk menghindari kondisi itu, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk cek kemacetan lalu lintas. 

Biasanya orang-orang akan menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata baik di dalam kota atau luar kota. Banyaknya orang yang bepergian akan membuat jalan jadi macet. Tentunya kondisi jalanan yang padat ini akan membuat perjalanan lebih lama hingga bosan dan capek. 

Solusi untuk terhindar dari kemacetan adalah dengan mencari jalur yang sepi atau jalan alternatif. Jadi Anda perlu memantau terlebih dahulu mana saja jalur yang mengalami kemacetan. Lantas apa saja aplikasi untuk cek kemacetan lalu lintas yang bisa Anda gunakan?

Aplikasi untuk Cek Kemacetan Lalu Lintas

Saat ini Anda bisa memantau kondisi lalu lintas secara mudah melalui smartphone. Adanya aplikasi cek lalu lintas sangat membantu Anda untuk melihat kondisi lalu lintas sebelum bepergian. Anda bisa merencanakan jalur perjalanan yang bisa dipilih untuk menghindari kemacetan. 

Berikut ini rekomendasi beberapa aplikasi cek kemacetan lalu lintas yang bisa Anda gunakan sebelum bepergian di hari libur:

Google Maps

Google Maps menjadi aplikasi favorit yang digunakan banyak orang untuk memantau kondisi lalu lintas. Aplikasi ini sudah sangat populer karena menyediakan fitur layanan pemetaan web yang lengkap dan cukup detail. 

Google Maps merupakan aplikasi peta dan navigasi dengan beragam fitur, salah satunya adalah untuk melihat informasi jalan macet. Platform ini dapat memperlihatkan kondisi kemacetan lalu lintas yang terjadi di ruas-ruas jalan pada lokasi yang Anda pilih, bisa itu wilayah kota, kabupaten, atau daerah tertentu. 

Dalam peta yang disediakan oleh Google Maps, terdapat tiga warna jalan yang menunjukkan kondisi lalu lintas. Peta akan menampilkan jalan dengan warna merah, kuning, dan hijau. Jalan warna merah memperlihatkan kondisi lalu lintas yang sangat macet. Sementara warna kuning menunjukkan kemacetan tingkat sedang, dengan masih terdapat jarak antar kendaraan. Warna hijau berarti kondisi lalu lintas lancar atau tidak mengalami kemacetan. 

Travoy

Rekomendasi aplikasi untuk cek kemacetan lalu lintas selanjutnya adalah Travoy. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Jasa Marga perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol. Travoy menyediakan informasi kondisi lalu lintas, sehingga bisa Anda gunakan untuk memantau jalan sebelum berangkat ke suatu tempat. 

Meski sama-sama menyediakan informasi kondisi lalu lintas, aplikasi Travoy tidak menyediakan fitur penunjuk arah atau navigasi seperti Google Maps dan Waze. Informasi kemacetan jalan yang ditampilkan oleh Travoy masih terbatas. Travoy masih belum bisa digunakan untuk melihat kondisi kemacetan di semua ruas jalan. 

Meski fitur-fiturnya masih terbatas, Travoy menyediakan fitur pantauan kondisi kemacetan jalan yang disiarkan secara langsung atau live melalui kamera CCTV di ruas-ruas jalan tol. Untuk melihat kondisi jalan macet melalui aplikasi ini, Anda hanya perlu memilih opsi “Maps” di halaman awal. Setelah peta muncul, kemudian klik ikon kamera CCTV.

Waze

Waze juga menjadi salah satu aplikasi cek kemacetan lalu lintas yang sudah banyak digunakan. Fitur-fitur yang disediakan oleh Waze cukup lengkap seperti Google Maps, yakni ada peta dan penunjuk arah jalan. 

Aplikasi Waze juga menyediakan fitur yang bisa menampilkan kondisi lalu lintas di ruas-ruas jalan. Kondisi lalu lintas jalan pada aplikasi ini diperlihatkan dengan tiga warna, yaitu merah, kuning, dan abu-abu. 

Apabila peta menunjukkan jalan warna merah maka artinya sedang terjadi kemacetan parah. Jika jalannya warna kuning maka menandakan lalu lintas macet sedang. Sementara jalan warna abu-abu menunjukkan lalu lintas lancar. Untuk melihat informasi tersebut lewat aplikasi ini, Anda hanya perlu membuka aplikasinya dan informasi kondisi lalu lintas terkini akan  langsung muncul.

RTTMC

Aplikasi lainnya yang juga  bisa Anda gunakan untuk cek kemacetan lalu lintas adalah Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC). Platform ini merupakan layanan pemantauan lalu lintas yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan. 

RTTMC menampilkan kondisi lalu lintas yang disiarkan secara langsung melalui CCTV yang terdapat di ruas-ruas jalan. RTTMC menyediakan tayangan CCTV untuk pantauan lalu lintas di lebih dari 30 lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan. Layanan ini bisa Anda akses dengan mengunjuIkuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.ngi laman: http://rttmc.dephub.go.id.

Tol Kita

Aplikasi Tol Kita juga bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mengecek kemacetan lalu lintas. Tol Kita merupakan aplikasi pantauan kondisi lalu lintas yang dikembangkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

Tol Kita menyediakan fitur untuk pantauan kondisi lalu lintas yang cukup lengkap mirip dengan Travoy. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melihat jalan macet secara langsung dari kamera CCTV yang terpasang di ruas-ruas jalan tol.

Jika ingin menggunakan Tol Kita untuk mengecek kondisi lalu lintas, Anda tinggal membuka aplikasinya dan memilih menu “CCTV” di halaman awal. Kemudian akan ditampilkan peta dengan ikon CCTV. Klik ikon CCTV di ruas jalan tol yang ingin Anda pantau dan siaran lalu lintas terkini bisa langsung dilihat.

Demikianlah beberapa aplikasi untuk cek kemacetan lalu lintas yang bisa Anda andalkan sebelum bepergian di hari libur. Aplikasi tersebut sangat membantu Anda dalam merencanakan jalur perjalanan untuk menghindari kemacetan. Baca juga tips aman dan nyaman berkendara saat liburan bersama keluarga. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.